Pages

Hasil Kreasiku " Mini Omelet Sayur Dan Nasi "


Halo kawan-kawan semua, bagaimana kabarnya ? semoga baik-baik selalu, amin. dalam tulisan  saya kali ini  akan ada hubungannya dengan  bidang kulliner, anda pasti tahu kan kalau berbicara tentang kuliner pasti yang dibahas adalah tak jauh - jauh dari makanan, minuman, kue, dll. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah hasil masakan penemuan baru. Ya, ini adalah resep hasil cipta'an ku sendiri yang saudah sangat lama aku buat. Terakhir aku memasak resep ini adalah pada hari minggu kemarin, tanggal 06 Januari 2013. Karena bertepatan dengan adanya kontes blog memasak yang diadakan oleh detikfood dan @masak apa,  jadi sekalian dech aku posting resepnya di blog ku ini . hehehe......

Apakah kalian sudah pernah membuat omelet dirumah masing-masing ? bagaimana rasanya ? apakah kalian cenderung membuat omelet dengan rasa gurih, pedas, asam, atau lainnya ? kemudian apa yang biasanya ditambahkan pada omelet buatan kalian ? apakah keju, daging, kornet, atau lainnya ?

Omelet adalah makanan berbahan dasar dari telur kocok yang kemuadian di pan diatas teflon. Agar bisa mengembang omelet juga biasanya ditambahkan susu cair, krim, dll. Omelet biasanya juga ditambahkan topping atau isian yang beraneka ragam, seperti : keju, daging sapi, kornet, dll. sehingga menciptakan rasa yang bervariasi. Dalam penyajiannya omelet biasanya dilipat saat masih didalam pan, sehingga bentuknya akan menjadi setengah lingkaran.

Menurut legenda pada zaman dahulu Napoleon Bonaparte ternyata sangat suka sekali dengan  omelet telur, saat itu ketika dia bersama para prajuritnya sedang singgah di Perancis selatan dia merasa lapar. Akhirnya dia kemudian memesan suatu menu ke restoran yang saat itu berada dekat  di camp peristirahatnnya. Sang juru masak itu menyajikan menu omelet, dan ternyata Napoleon sangat menyukainya. Sehingga esok harinya ia meminta seluruh penduduk desa untuk mengumpulkan semua telur yang ada dan menyiapkan sebuah omelet besar untuk makan pagi bagi prajurit-prajuritnya.

Tapi tahu enggak kawan-kawan, ternyata banyak sekali lho...! variasi dari omelet itu. Hampir seluruh negara di dunia memiliki versi omelet yang berbeda-beda, berikut ini contohnya :

1. Indonesia
Di Indonesia omelet biasanya disebut  dadar. Dengan tambahan dari irisan cabai, daun bawang, dll. maka rasanya akan sangat menggugah selera. biasanya orang indonesia menyantap dadar dengan nasi hangat-hangat.

2. Thailand
Orang Thailand membuat omelet yang biasanya  menggembung karena terdapat isian di dalamnya. Namanya khai yat sai.

3. Filipina
Kalau di Indonesia omelet disebut dengan dadar, maka Di Filipina, omelet disebut torta. Isiannya bisa beragam, mulai dari sayur, daging, kismis, hingga makanan sisa kemarin. Omelet ini dapat disantap begitu saja atau bersama dengan nasi goreng bawang putih dan saus pisang.

4. India
Omelet India sering disebut omelet masala karena mengandung rempah-rempah yang berbeda di tiap wilayah. Adonannya mengandung telur, cabai hijau, irisan bawang bombay, daun atau bubuk ketumbar, jinten, serta kunyit.

5. Belanda
Dua sampai tiga butir telur dicampur dengan bawang bombay, jamur, kentang, paprika, daun bawang, serta kacang polong tumis, lalu dimasak. Jadilah boerenomelet khas Belanda. Dan masih banyak lagi sebutan-sebutan omelet di Negara lainnya ( sumber )

Dan omelet yang aku buat ini adalah 100 % hasil kreasiku sendiri lhoo...! Aku menyebut omelet ini dengan nama "Mini Omelet Sayur dan Nasi"  mau tahu alasannya ? hehehe... alasan aku menamakan dengan nama tersebut adalah :

1. Pertama. Biasanya omelet menggunakan dua telur atau bahkan lebih, namun disini aku hanya menggunakan satu telur saja
2. Kedua. Aku mengisi omelet ini dengan sayur-sayuran dan sosis sapi. Dan hal yang unik alias membedakan dari omelet-omelet lainnya yakni,  aku menumisnya terlebih dahulu sayuran tersebut dengan bumbu-bumbu yang telah disiapkan hingga hampir matang. Kemudian dimasukkan kedalam kocokan telur. biasanya tumis sayuran seperti ini hanya ada untuk isian tahu isi, pastel,dll. 
3. Dan ini yang ketiga atau yang terakhir adalah, aku juga memasukan nasi kedalam kocokan telur itu. Sesuatu yang unik kan, hehehe... sehingga saat kita makan omelet ini maka kita sudah mendapatkan kandungan karbihidrat dari nasi tersebut.

Itulah beberapa alasan aku menamakan omelet ini dengan nama mini omelet sayur dan nasi. Dengan tekhnik yang baru beserta bahan yang berbeda, dijamin rasanya sangat unik sekali. Omelet ini sangat cocok sekali dimakan saat sarapan pagi, atau saat sore hari, dengan ditemani secangkir kopi hemm.... pasti enak sekali ! Selain itu omelet ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai bekal untuk buah hati anda, karena menu ini banyak mengandung gizi ( karbohidrat, protein, serat, dll. ) yang sangat berguna bagi kesehatan anak-anak anda. Bagaimana, sudah penasaran dengan resep omelet ini...? tanpa berlama-lama lagi, yuk kita mulai saja cara pembuatannya.


Bahan yang dibutuhkan :

Gambar Nasi Putih

1. 6o gr nasi putih
2. 1 butir telur
3. sosis sapi 1 buah
4. minyak goreng secukupnya
 
Untuk tumisan :

Gambar Sayur-sayuran untuk tumisan

1. 50 gr wortel
2. 40 gr kecambah
3. 40 gr kubis
4. 1 tangkai daun bawang
5. daun seledri secukupnya

Bumbu :

Gambar bawang merah & putih

1. 3siung bawang merah
2. 1 buah bawang putih
3. 1 gr merica bubuk
4. garam secukupnya
5. gula secukupnya
6. penyedap rasa sapi secukupnya

Gambar semua bahan- bahan


Cara membuatnya :

1. Persiapan :

Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan maka hal selanjutnya adalah 

a. iris bawang merah secara tipis-tipis

b. cincang halus bawang putih

c. parut / pasrah wortel hingga selesai

Gambar bahan yang sudah diiris dan diparut / pasrah

d. iris tipis-tipis kubis hingga habis  
 
e. iris daun bawang secara menyerong

Gambar sosis yang sudah dipotong
 
f. potong sosis sapi secara miring atau menyerong


2. Membuat tumisan sayur

Kemudian langkah berikutnya adalah, kita akan membuat tumis sayur yang nantinya akan dimasukan ke dalam kocokan telur. Berikut ini cara pembuatannya :

a. panaskan minyak dalam sebuah wajan, kemuadian masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum

Gambar saat menumis sayuran

b. setelah itu masukkan kubis dan wortel, sambil terus diaduk hingga rata. tambahkan sedikit air agar sayuran-sayuran tersebut tidak lengket di wajan

c. tambahkan garam,gula dan penyedap rasa secukupnya. Terus aduk hingga semua bumbu tercampur hingga rata

Gambar tumis sayur yang sudah jadi

d. dan yang terakhir masukkan sosis, kecambah, daun bawang dan seledri, kemudian tambahkan merica bubuk separuhnya aja. Aduk hingga semua merata dan matang

e. setelah matang, taruh tumis sayuran tersebut dalam piring dan sisihkan sebentar.


3. Membuat omelet ( finish )

Setelah tumisannya jadi, kini hanya tinggal membuat omeletnya saja. Berikut ini langkah-langkahnya :

a. kocok telur dalam sebuah mangkok yang tidak usah terlalu besar

Gambar telur yang sudah dikocok

b. kemudian masukkan sisa merica bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya ke dalam kocokan telur itu

Gambar saat memasukkan tumis sayuran kedalam kocokan telur

c. setelah itu masukkan tumis sayur kedalam kocokan telur tersebut,  kocok hingga semuanya tercampur secara merata

Gambar semua bahan sudah dimasukkan kedalam adonan telur ( tumis sayur dan nasi )

d. lalu masukkan nasinya, aduk kembali hingga semuanya tercampur dengan rata. kemudian sisihkan sebentar

e. panaskan wajan datar atau  teflon, lalu setelah itu masukkan minyak goreng secukupnya. Tunggu hingga minyak menjadi panas

Gambar adonan telur saat dituangkan kedalam teflon

f. setelah minyak panas, masukkan adonan telur kocok tersebut

Gambar adonan telur saat sudah dibalik

g. kemudian balik, dan tunggu hingga matang

h. setelah matang, kini mini omelet sayur dan nasi siap dinikmati bersama keluarga tercinta anda. Hehehe..... selain itu Omelet ini juga sangat nikmat dimakan bersama saus sambal sebagai temannya. Jadi menambah lezatnya mini omelet sayur dan nasi

tips : gunakan api sedang saja saat menggorengnya agar tidak hangus dan rasanya tidak menjadi pahit

Berikut ini hasilnya : 


Gambar-gambar mini omelet sayur dan nasi

Gimana, tertarik gak dengan penampilannya ? pasti tertarik dong untuk memakannya...! hehehe dan perlu kawan-kawan ketahui nih, untuk penyajian omelet ini saya sangat kesulitan. Saya bingung, bagaimana ya ! cara menyajikannya agar terlihat bagus saat difoto. Sudah hampir beberapa gaya saya coba, namun hasilnya masih belum bagus. Akhirnya setelah mendapat masukan dari ibu, saya menyajikan omelet ini dengan model seperti berbentuk gunug ( mengkerucut ) dan diatasnya saya tambahkan buah apel malang yang asam - manis, sehingga seperti menyerupai lahar gunung yang sedang  menyembur. Kreatif kan !

Resep ini sudah saya buat untuk adik-adikku, ibuku,dll. dan akan terus aku buat untuk mereka-mereka semua. Mereka sangat memnyukainya, terutama karena ada nasinya yang membuat omelet ini menjadi crispy dan maknyosss....

So, ayo kawan-kawan silahkan dicoba resep dari saya ini ! dijamin bakalan puas dech dengan rasanya yang unik ini. Ingaat....! resep ini sangat komplit lho kandungan gizinya, jadi pas buat camilan bahkan makan besar anda. hehehe....

Dan satu lagi, bagi anda yang suka sekali dengan masa-masak atau mencoba makanan-makanan baru. Anda bisa mendownload sebuah aplikasi masak yang bernama masak apa . Aplikasi tersebut menyajikan resep-resep baru setiap harinya, jadi bisa anda jadikan sebagai inspirasi-inspirasi untuk berkreasi dengan makanan. 

Ini gambarku saat menggunakan aplikasi masak apa
Aplikasi ini bisa anda download di smartphone milik anda. Seperti android, iphone, blackberry,ipad,dll.

Ini adalah tulisan kedua yang saya ikutkan dalam kontes Blogger Jagoan Masak. Mohon doanya semua ya...! biar bisa menang. Amiiin,

Dan akhir kata, SO SIMPLE, SO HEALTHY, SO FUN...... :) AND HAPPY COOKING ALLS.....!



arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

3 komentar:

  1. wah, mantab nih...
    cocok disajikan saat tidak suka makan nasi... :)
    makasih udh share... :D

    http://pure-my-do.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. asik resepnya sepertinya harus dicoba.
    Nah, kalo mau coba yang lebih seru lagi, untuk makanan yang hiegenis,
    cek this out www.wqa-apac.com

    DS

    BalasHapus