Pages

Bangga ! Djarum Indonesia Open, Grand Slam nya Bulu Tangkis Dunia yang hadir di Indonesia


         
Djarum Indonesia Open

Halo para pembaca dan agan-agan blogger semua ! bagaimana kabarnya, semoga baik-baik saja ya, Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai dunia olahraga di Indonesia, khususnya adalah cabang olahraga bulu tangkis. Ada yang tahu gak kenapa pada kesempatan kali ini mencoba menghadirkan tema tersebut ? Ya, dewasa ini kita masih sering disuguhkan oleh berita-berita  olahraga tanah air yg tidak begitu menggembirakan dan membanggakan. Banyak sekali berita tentang tawuran antara supporter sepak bola, perselisihan antar pengurus olahraga,dll. yang sering muncul di televisi. Bukan hanya itu saja, tayangan berita di indonesia, hampir 90 % adalah berita tentang olahraga mancanegara, bukan Indonesia. Yang mana hal tersebut secara otomatis akan menumbuhkan respect pada perkembangan olahraga negara lain, daripada Indonesia sendiri. hemmm sungguh menyedihkan tentunya. ( saran saya sih ya minimal 50 : 50 antara berita olahraga dalam dan luar negeri )

Perkembangan cabang olahraga di Indonesia

Berbicara mengenai kesuksesan cabang olahraga di Indonesia, saya rasa masih banyak yang harus di benahi lagi untuk bisa mencapai suatu prestasi yang tinggi. Mulai dari  atlet itu sendiri, hingga fasilitas olahraga yang  harus menunjang. Pemerintah pun di harapkan turun langsung membantu untuk meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia.

               
Ayo move on, masih banyak kok yang bisa dibanggakan dari dunia olahraga Indonesia

Namun terlepas dari itu semua, ayo kita move on. ada secercah harapan kok untuk mengangkat nama Indonesia yang lebih tinggi lagi di kancah olahraga dunia. cabang olahraga apakah itu ? ya, dia adalah bulu tangkis. Bulu tangkis adalah satu-satunya cabang olahraga di Indonesia yang bisa menyumbangkan medali emas di Olimpiade. wooowww...! sekelas olimpiade ? ya, ini adalah Event International Utama di bidang olahraga yang sangat prestisius. Banyak sekali atlet-atlet yang bermimpi bisa main di situ. apalagi ketika berhasil mendapatkan medali emas, maka dia ( si atlet ) itu akan mendapat predikat sebagai atlet terbaik di dunia. Untuk lebih memberikan pemahaman lagi tentang bulu tangkis, yuk kita ulas sedikit. Cekidot...!

Apa itu Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau yang biasa disebut badminton adalah olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang untuk tunggal atau dua pasangan untuk ganda yang mana saling berhadapan. Seperti olahraga tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ( shuttlecock ) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan.

1.1 Partai

Dalam pertandingan bulu tangkis ada lima nomor yang dipertandingkan, yakni :
a. Tunggal putra
b. Tunggal putri
c. Ganda Putra
d. Ganda Putri
e. Ganda Campuran

1.2 Lapangan dan Net

       
Gambar Lapangan Bulu Tangkis (sumber)
             
a. Lapangan
Lapangan bulutangkis dapat dibuat dengan mudah, sejauh tersedia ruangan seluas kira-kira 12 X 20 meter, maka bisa digunakan. Jika berada di lingkungan terbuka tentu saja diupayakan agar gangguan angin tidak terlalu besar, sedangkan bila di ruang tertutup, atap bangunannya sebisa mungkin di atas delapan meter agar shuttlecock yang tengah dimainkan tidak sampai terganggu.

Di Indonesia, di kampung-kampung lapangan bulutangkis banyak didirikan di atas tanah, semen cor, atau aspal. Namun, di gedung olahraga biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai. Di lapangan yang diakui secara internasional digunakan karpet yang terbuat dari karet keras, namun elastis

Lapangan bulutangkis ber-ukuran 610 X 1340 cm, yang dibagi dalam bidang-bidang, masingmasing dua sisi berlawaan. Ada garis tunggal, ada garis ganda, ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servis

b. Net
Tingginya net pada pertandingan bulutangkis adalah sekitar 155 cm. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara dua bidang permainan yang diikatkan pada tiang. Tiang itu haruslah kokoh, sehingga net yang dibentangkan tidak akan turun bila ditarik kencang agar lurus. Tinggi net di tengah-tengah lapangan, haruslah 152 cm dari permukaan lapangan

1.3 Shuttlecock


Gambar Shuttlecock (sumber)
                       

Shuttlecock atau kok biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik, umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan WBF ( Asosiasi Badminton Dunia ). Berat kok sekitar 5,67 gram. Bulu angsa yang menancap di gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat dua tali agar tidak mudah lepas. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri banyak pula digunakan kok dari karet, baik untuk gabus maupun bulunya. Bentuk, ukuran, dan besarnya harus sama dengan kok yang terbuat dari bulu angsa, namun umumnya kok plastik hanya dipakai untuk latihan saja.

Kok yang bagus adalah kalau dipukul dengan raket dengan tangan di bawah pinggang meluncur dengan lurus, tanpa gerakan ke arah kiri atau kanan saat mengundara. Para pemain tingkat internasional sering mencoba kok dengan memukul ke ruang di balik netnya. Bila dipukul dengan tangan mengayun dari bawah, kok yang baik akan mencapai kira-kira di tempat yang sama dengan pelaku servis


1.4 Raket

Gambar Raket (Sumber)
                         

Pada zaman dahulu raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket

Raket ini memiliki jaring yang dibuat dari senar (string), berupa tali plastik sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bisa dipasang sekencangkencangnya tetapi tidak mudah putus, agar raket dapat memantulkan kok yang dipukul dengan kencang atau cepat. Raket ini biasanya dibungkus dalam tas raket yang dapat memuat sampai kira-kira enam buah raket


1.5 Sepatu dan Pakaian

Seperti para atlet umumnya, setiap pemain bulutangkis juga memiliki perlengkapan utama dan tambahan ketika tampil di sebuah  pertandingan. Baju, celana, sepatu tergolong perlengkapan utama, sedang ikat tangan, ikat kepala, pengaman lutut bisa disebut tambahan. Sepatu bulutangkis haruslah ringan, namun menggigit bila dipakai di lapangan agar pemain dapat bergerak dengan lincah dan pastinya tidak tergelincir. Karet sol yang menggigit dibutuhkan karena frekuensi gerakan maju dan mundur di bulutangkis berlangsung tinggi, dalam tempo cepat. Sepatu bulutangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang warnanya bervariasi.

Kaus kaki tidak wajib namun sebaiknya memiliki daya serap keringat yang tinggi dan agak tebal supaya empuk dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi kulit akibat pergesekan kulit dengan sepatu.

Celana pendek atau kaos bulutangkis sebenarnya bebas, tetapi di tingkat internasional banyak dipakai jenis kaos yang sejuk dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Terkadang pemain menggunakan pengikat kepala, atau penjaga lutut, balk untuk keperluan esensial maupun sekedar untuk menambah gaya penampilan.

1.6 Peraturan pertandingan

Secara sederhana, permainan bulutangkis adalah upaya untuk memasukkan kok ke bidang permainan lawan, tanpa kok itu tidak bisa dikembalikan. Ada berbagai cara melakukannya, seperti memasukkan kok ke bidang yang tidak terjaga lawan, atau memasukkan kok dengan berbagai cara seperti: smash, dropshoot, dll, sehingga tidak sempat dikuasai atau dikejar lawan.

Sebelum pertandingan kedua pemain menjalani undian yang dilakukan wasit, biasanya dengan tos menggunakan mata uang logam. Dengan format yang baru yakni Rally, pemain mendapatkan poin langsung ketika lawan melakukan kesalahan. Jadi seperti pada pertandingan volly. Dan barang siapa yang mencapai angka 21 terlebih dahulu maka akan menjadi pemenang.

Dalam melakukan servis, prinsip yang harus dipegang adalah kepala raket tidak boleh Iebih tinggi dari pinggang, kok dalam keadaan dipegang, dan kaki tidak bergerak mendahului gerakan memukul kok. Sedang penerima servis mengalami fault bila bergerak sebelum lawan melakukan servis.

Bola kok juga menjadi mati bila terpukul dua kali, gagal melewati net, mendarat di luar garis, raket melewati atas net atau menyentuh net, dan kaki melewati batas garis bidang.

Indonesia bangga dengan bulu tangkis dan prestasinya  

Ketika kita di tanya, apakah kamu bangga dengan bulu tangkis ? maka selayaknya kita bilang Ya, saya sangat bangga dengan bulutangkis. Indonesia dikenal hebat, salah satunya karena bulu tangkisnya, banyak sekali pemain-pemain asing yang sangat menyegani atlet Indonesia, bukan karena apa-apa tapi karena kehebatannya dalam bermain bulu tangkis. Hal ini terbukti dengan banyaknya gelar-gelar kejuaraan bulu tangkis yang di raih oleh pahlawan bulu tangkis Indonesia, seperti :

1. Minarni Sudaryanto (lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944 – meninggal di Jakarta, 14 Mei 2003 pada umur 59 tahun) adalah seorang pemain bulu tangkis terkenal Indonesia di era tahun 1959 sampai 1975-an. Ia yang menjadi pemain pelatnas sejak berusia 15 tahun, berhasil meraih gelar juara All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber


2. Susi susanti  ( lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971; umur 40 tahun) adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Selain itu, ia pernah juga meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996


3. Liem swie king ( lahir di Kudus, Jawa Tengah, 28 Februari 1956; umur 56 tahun) adalah seorang pemain bulu tangkis yang dulu selalu menjadi buah bibir sejak dia mampu menantang Rudy Hartono di final All England tahun 1976 dalam usianya yang ke-20. Kemudian Swie King menjadi pewaris kejayaan Rudy di kejuaraan paling bergengsi saat itu dengan tiga kali menjadi juara ditambah empat kali menjadi finalis. Bila ditambah dengan turnamen "grand prix" yang lain, gelar kemenangan Swie King menjadi puluhan kali. Swie King juga menyumbang medali emas Asian Games di Bangkok 1978, dan enam kali membela tim Piala Thomas. Tiga di antaranya Indonesia menjadi juara.

Dan masih banyak lagi atlet-atlet indonesia lainnya yang mempunyai prestasi gemilang di kancah perbulutangkisan dunia.

Selain kaya dengan atlet-atlet bulu tangkis yang mempunyai talenta hebat dan prestasi yang sudah terbukti, kita sebagai bangsa Idonesia juga harus patut berbangga lagi. Kenapa ? tentu karena Indonesia sering ditunjuk sebagai host atau penyelenggara event-event bulu tangkis yang bertaraf internasional, seperti : Piala Thomas, Piala  Uber, Piala Sudirman, dll.  Dalam kalender resmi BWF ( asosiasi badminton dunia ) banyak sekali event - event tahunan yang di adakan di penjuru dunia, mulai dari sekelas international chalenge hingga yang tertinggi yakni premier super series. Dan beruntunglah, dari kelas super series, kini tak tanggung-tanggung Indonesia di tunjuk sebagai host premier super series yang mana hanya di adakan di  lima negara saja, ingat hanya lima negara saja. heheh... Lima negara itu adalah : Korea selatan, Indonesia, Denmark, China, dan Inggris. Sebenarnya masa kontrak untuk menggelar event ini berakhir pada tahun ini, namun karena kegigihan masyrakat Indonesia yang tetap ingin menggelar event tertinggi ini maka dengan bidding yang sangat ketat, yeayyy! akhirnya Indonesia mendapat kontrak baru. Indonesia akan menggelar kembali event Premier Super Series ini mulai dari tahun 2014 hingga 2017. Bagaimana ? pasti bangga kan hehehe... dengan demikian dapat dipastikan pemain top dunia akan bersinggah ke Indonesia, karena selain top ten  ranking Bwf memang diwajibkan untuk mengikuti turnamen premier super series ini. Turnament ini juga sangat berpengaruh bagi karir olahraganya, karena akan memberi poin tinggi bagi ranking tiap masing-masing  pemain. 

Apa itu Djarum Indonesia Open

Gambar pemain dan suasana saat darum Indonesia open

Gambar pemain asing yang tampil di djarum Indonesia open

Ya, namanya adalah Djarum Indonesia Open Super Series Premier. Ini adalah salah satu  turnamen super series premier yang di dukung oleh djarum indonesia dan hanya ada di lima negara saja. Kita sebagai orang Indonesia patut berbangga, karena tidak semua negara bisa menyelenggarakan turnamen tertinggi ini. dengan hadiah yang sangat besar, yakni sekitar USD 650.000 lebih, tak pelak akan membuat level permaianan menjadi seru. pemain-pemain akan berusaha menampilkan permainan terbaik  untuk bisa menjadi pemenang. Dan tentunya Djarum Indonesia Open Super Series Premier juga akan sangat berpengaruh besar bagi atlet-atlet indonesia. Karena juga akan memotivasi mereka untuk menjadi yang terbaik, bukan karena hadiahnya saja yang besar tapi juga perlu diingat ini juga akan menyumbang poin untuk rangking mereka di dunia.

Dengan level super series premier, tentunya pelaksanaan djarum indonesia open akan sangat mengagumkan. Karena pertandingan ini bisa dikatakan setara dengan korea open dan All England maka akan menjadi magnet bagi pecinta bulu tangkis di seluruh dunia. pasti akan banyak penonton yang akan menunggu-nunggu perhelatan akbar ini,
 termasuk aku. heheheh. Djarum indonesia open pertama kali terselenggara pada tahun 1982 dan terus berjalan hingga tahun 2007 kejuaraan ini sudah masuk kejajaran super series yang terselenggara di 12 negara saja. kini djarum indonesia open sudah masuk dalam super series premier yang hanya ada di 5 negara. kejuaraan ini tidak hanya terselenggara di Jakarta saja, tapi pernah juga di Samarinda, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan Batam. selain itu Taufik hidayat memegang rekor untuk 


Fakta Tentang Perhelatan Djarum Indonesia Open
1. Jika di Pertandingan tenis ada Grand Slam maka bulu tangkis juga punya event seperti itu. Ya, namanya adalah Premier super series. lagi-lagi Indonesia patut berbangga karena bisa di percaya menjadi tuan rumah dengan level kejuaraan teringgi di dunia itu.

2. Setiap tahun, panitia Djarum Indonesia Open menyiapkan tema yang berbeda untuk kejuaraan ini. Dan pada tahun 2012 kemarin nuansa Outdoor dan Indoor Istora Senayan  dirubah dengan mengkombinasikan nuansa traditional dan futuristic yang spektakuler.

3. Djarum Indonesia Open Premier Super Series adalah kejuaraan dengan total hadiah terbanyak nomor dua, setelah korea open.

4. Badminton Indonesia adalah salah satu dari pusat perbulutangkisan dunia. Meskipun sudah berkapasitas terbesar di Indonesia, Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta ini masih kurang besar untuk menggelar kejuraan selevel premier super series.

5. Pada tahun 2013 ini, bwf akan menerapkan teknologi garis mata elang seperti yang ada pada olahraga tenis, kriket, dll. dan tahukah kalian Indonesia ( Djarum Indonesia Open ) adalah kejuaraan resmi superseries pertama yang akan menerapkan teknologi tersebut. wah banggannyaaa ! heheh

6. Banyak atlet mancanegara yang senang ketika bermain di Djarum indonesia, karena atmosfir supporternya yang luar biasa dan hal tersebut selalu yang mereka tunggu-tunggu.

Dan masih banyak lagi fakta-fakta lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu karena keterbatasan waktu. 

Hemmm gimana nih kalian,,,,, pasti sangat bangga kan sebagai bangsa indonesia ? Dengan event premier seperti Grand Slam yang bias hadir di Inggris, Amerika, Australia, dll. Bulu tangkis telah memberikan secercah kebaanggaan dan kemajuan untuk dunia perolahragaan kita.  Semoga dengan adanya Djarum Indonesia open series premier ini bisa menyatukan kita, menunjukan pada dunia bahwa kita sebagai bangsa yang besar,  bangsa yang harus disegani oleh semua negara  lain. Dan yang paling penting dan tidak boleh ketinggalan adalah kita sebagai pecinta Bulu Tangkis untuk dapat terus mensupport pahlawan-pahlawan bulu tangkis kita. ingat ketika prestasi mereka sedang down juga harus kita dukung, tidak ada kata - kata yang menjatuhkan. Seeetujuuuuuju ? hehehe 

btw, setelah kalian baca-baca pasti agak jenuh kan, heheh!  nih aku ada sedikit cerita, masih tentang bulu tangkis kok.  Tapi ini buatanku sendiri lho,  jadi janga di tertawakan ya..! hehehe ( enjoy )

klik saja, biar jelas gambarnya :)


Mungkin itu saja yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, tak lupa juga ucapan banyak terimakasih kepada Djarum Indonesia, yang telah mendukung badminton Indonesia untuk lebih baik lagi, semoga hal tersebut semakin menambah cinta kami akan negeri yang besar ini. Amin

Dan yang terakhir dari saya,

Cintailah Olahraga yang sering membuat nama Indonesia terdengar di Dunia.
I Love Badminton Indonesia
Salam Olahraga


Referensi :

1. www.wikipedia.org

2. www.bulutangkis.com
3. www.djarumbadminton.com





  

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar