Pages

Ceritaku Tentang PLN Bersih



Sumber
Halo, halo, halo guys setelah hampir satu bulan gak ngeblog akhirnya ada kesempatan nih buat nulis lagi heheh... oh ya btw bagaimana kabar kalian ? semoga baik-baik saja ya, Aminnn (ceritanya sok kenal dan perhatian). Kali ini akau ingin bercerita-cerita nih lewat blog, tapi kira - kira ada yang tahu gak apa yang aku bahas kali ini ? hayo apa ? Oke dech langsung saja, kali ini aku akan membahas tentang sebuah badan usaha milik negara yang bergelut dibidang  kelistrikan, ya dia adalah PT PLN (Persero) atau yg biasa kita sebut PLN (perusahaan listrik negara)

PLN adalah perusahaan perseroan di Indonesia yang diberi kewenangan oleh Pemerintah dan diserahi tugas semata-mata untuk melaksanakan usaha penyediaan tenaga listrik demi kepentingan umum. Dengan moto "listrik untuk kehidupan yang lebih baik" PLN terus berbenah dan berusah memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua masyarakat. Selain itu dengan visinya yang sangat mulia yakni "diakui sebagai perusahaan kelas dunia yg bertumbuh kembang, unggul, dan terpercaya dg bertumpuh pada potensi insani" PLN terus berusaha meningkatkan kinerjanya di segala bidang. Dan salah satu langkah yang dilakukan oleh PLN adalah komitmen untuk transparan terhadap segala bentuk praktek penyelenggaraan operasional dari bentuk kecurangan, seperti korupsi, kolusi dan nepotisme. Dengan adanya visi tersebut, sekaligus juga menjadikan komitmen dari PLN untuk menegakkan Good Corporate Governance (GCG). 

Dengan akan bertepatan hari listrik nasional yang ke 68, ini merupakan suatu momentum yang tepat dan dimanfaatkan oleh PLN untuk memulai mensosialisasikan gerakan bersih dan bebas dari praktek korupsi kepada masyarakat. Ya, PLN menyebut program ini dengan nama " PLN Bersih" Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat membangun sistem yg baik untuk menangkal praktek korupsi dalam bentuk apapun. Dan juga bekerjasama dengan BLOGDetik, pada hari juma'at tanggal 4 Oktober 2013 kemarin, PLN juga telah mengadakan sebuah pertemuan yang telah dihadiri oleh para blogger. Dipertemuan tersebut banyak hal-hal positf yang dilakukan, seperti talk show tentang program PLN Bersih, tanya jawab dengan para blogger, pembagian door prize, dan masih banyak lainnya.  

mau tau lebih banyak lagi tentang PLN Bersih ? OK, sesuai yang telah saya bicarakan diawal, agar lebih enjoy lagi bacanya maka saya akan membahasnya dalam sebuah ide cerita, namun jika ada cerita atau dialog yang garing heheh.... harap dimaklumi ya karena disini saya masih belajar (ceritanya cari alasan) hahah... :) So Lets Cekidotttt......

                                                                                      ................^^^...............

Tokoh Darel adalah karya pribadi

Perkenalan
Halo semuanya perkenalkan, namaku ( penulis )  Darel aku tinggal sebuah kota yang cukup padat dan sangat sibuk sekali lho..! Ya, sebut saja Surbay. Aku tinggal disini bersama kedua orang tuaku dan satu adikku yang cantik, Ani namanya. Setiap harinya aktifitasku adalah bersekolah di SMP Maju Jaya, aku selalu pergi kesekolah pagi-pagi dengan mengendari sepeda lamaku. Sekitar pukul enam pagi harus sudah sampai kesekolah, karena jika tidak aku bisa dilarang masuk ke kelas. Begitu ketatnya aturan disekolahku jadi aku harus disiplin setiap hari heheh... Oh ya aku  sekarang duduk dikelas delapan, dan aku juga punya teman akrab di sekolah lho...! namanya adalah Ari, Budi, dan Dina. Kemanapun pergi kita selalu bersama-sama, mengerjakan PR, bermain, dan lainnya.

Oh ya kotaku sangat menarik lho untuk dikunjungi, banyak mall tersedia dimana-mana, lalu kalau malam minggu pasti banyak bazar dan pasar malam begitu. Pokoknya seru dan ramai dech heheh... :) Kotaku adalah kota yang selalu bercahaya, namun sayang nih akhir-akhir ini kotaku sering terkena jadwal pemadaman listrik bergilir. Sebenarnya sangat mengganggu sih, apalagi kalau saat mengerjakan PR dimalam hari rasanya pingin marah-marah gak jelas gitu heheh. Tapi karena ini adalah kota kelahiranku apapun itu aku tetap senang tinggal di Surbay.

Berangkat sekolah
Hari ini hari sabtu, yeay berarti nanti aku pulang lebih cepat dari biasanya. Pukul enam pagi aku sudah siap semuanya, tinggal sarapan saja lalu berangkat sekolah

aku : selamat pagi bu !
ibu : pagi anakku, ayo kita sarapan bersama-sama !
aku : siap bu ! hehehh lho bapak kemana, kok belum kelihatan ?
ibu : oh, bapakmu masih tidur rel, tadi habis sholat subuh beliau tidur lagi !
aku : oh gitu ya, berarti bapak masuk siang ya bu?
ibu : yup benar, bapak baru masuk jam dua siang nanti !
aku : oh, oke bu ! "sambil tersenyum" bu ini sudah jam 06.15 aku berangkat dulu ya biar tidak terlambat.
ibu : baiklah hati-hati ya rel !
aku : iya, bu aku berangkat dulu, dadahhhh..! "sambil melambaikan tangan"

Darel bertemu dg teman-temannya ( gambar hanya ilustrasi )

"Akupun langsung mengambil sepeda lamaku dan mengayuhnya hingga sampai kesekolah"

Setelah bersepedaan kira-kira 10 menit akhirnya sampai juga di sekolah. "untung gak terlambat" ujarku  heheh.... "tiba-tiba Ari dan Budi menepuk bahuku"

ari : hai Darel, gimana hari ini kita jadi gak mainnya ?
aku : jadi dong, nanti pulang sekolah kalian aku tunggu ya ?
budi : eh kemana-kemana  kok aku gak diajak-ajak sih heheh..!
aku : lho kamu belum diberitahu sama Dina ?
budi : belum, mau kemana emang  kita ? "eh itu Dina datang " ujar Budi kembali
dina : hai teman-teman semuanya ! "sambil tersenyum manis"
budi : hai juga, eh din kamu belum ngasih tau aku ya, kalu hari ini kita mau jalan bareng ?
dina : oh ya lupa, hehehh maaf ya ! :)
aku : oke, gini bud kita hari ini rencananya mau beli buku nih sambil jalan-jalan gitu !
budi : oh, gitu ya oke-oke aku pasti ikut dong ;0 hahahh...

Tiba-tiba terdengar suara bel berbunyi "tingtong......tingtong.......tingtonggg....." itu pertanda kelas sudah masuk : "ayo teman-teman ngobrolnya kita lanjutkan nanti saja, sekarang kita masuk dulu" ujarku ! kemudian mereka menjawab "ayok-ayok kita segera masuk"

Anak-anak pun sudah siap dan duduk di bangkunya masing-masing, tak lama kemudian bu guru datang.

" Selamat pagi anak-anak ! " ujar bu guru tersebut
" Selamat pagi juga bu ! " jawabku dan teman-teman sekelas

bu guru         : hai anak-anak, hari ini ada kabar gembira nih buat kalian semua ! "sambil senyum"
aku               : wah ada apa bu !
teman-teman : ya, ada apa bu jadi penasaran nih heheh....
bu guru         : tahu gak kalian anak-anak, hari ini gak ada pelajaran lho..!!!
aku               : wah, yang benar bu ! asyikkkkk....
teman-teman : iya nih, berarti kita langsung pulang dong hari ini "teriak anak-anak dg gembira"
bu guru       : eh siapa yang bilang pulang ? heheh... hari ni tidak ada pelajaran, tapi kita akan kedatangan sebuah tamu yg sangat istimewa
aku               : wah siapa bu, jadi penasaran nih heheh
bu guru         : anak-anak kita akan kedatangan tamu dari PLN !
aku               : PLN ? maksudnya PLN yang mengurusi listrik di negara kita ini ya bu ?
bu guru      : betul Darel, beliau-beliau ini akan menjelaskan mengenai PLN Bersih, mau tau apa itu ? jadi nanti tolong kalian dengarkan baik-baik ya ? karena ini akan sangat penting dan pasti bisa bermnfaat buat kita semua !
teman-teman : siap bu ! kita sangat exicted sekali kok !

Tamu dari PLN datang untuk memberitahukan apa itu program PLN Bersih

Sumber gambar dan telah diedit oleh penulis

beberapa menit kemudian, ada orang yg masuk ke kelasku dan ternyata mereka adalah rombongan dari PLN yg mau menjelaskan tentang program PLN Bersih.

bu guru berkata :
"ah, itu anak-anak rombongan dari PLN nya sudah datang jadi nanti tolong ya didengarkan dan jangan berisik masing-masing !"
aku dan teman-teman menjawab:
"siap bu !"

Pentingnya sebuah listrik
bpk burhan    : selamat pagi adik-adik bagaiman kabar kalian ? perkenalkan nama saya Burhan, kalian bisa memanggil saya bapak burhan.
aku & teman2   : selamat pagi juga bapak Burhan !
bpk burhan    : adik-adik kalian tahu gak PLN ? ayo ! siapa yang tahu singkatannya ? heheh...
dina                : saya tahu pak, PLN itu singkatan dari Perusahaan Listrik Negara
bpk burha      : betul sekali dik, kamu nama nya siapa heheh.... Yap, PLN adalah badan usaha milik negara yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk mengurusi semua kebutuhan listrik di negara ini.
agus             : wah pasti berat yah pak, karena kita ini kan termasuk negara terluas dg penduduk no 5 di dunia jadi pasti kebutuhannya sangat besar !
bpk burhan     : kamu pintar ya dek, heheh... benar bisa dikatakan seperti itu. Listrik mempunyai peranan yg sangat penting sekali bagi kegiatan sehari-hari. Ayo bapak mau tanya kira - kira bagaiman kalo misalkan dirumah kalian tidak ada listrik sehari saja ?
budi             : wah sengsara sekali pak, heheh... kita tidak bisa mandi, memasak, karena pompa air mati, tidak bisa melihat tv, rumah jadi gelap dimalam hari,  dll. pokoknya masih banyak lagi dech pak ! heheh..
pak burhan    : ya, yg dikatakan budi itu benar padahal itu masih sebagian kecil kerugian yang kita alami. Coba bayangkan jika itu terjadi di perindustrian, jalan raya , di kanto-kantor Negeri maupun Swasta, lalu  fasilitas-fasilitas umum seperti rumah sakit yg membutuhkan listrik. pasti kerugian besar yang kita hadapi, jalanan menjadi macet karena lampu merah mati, lalu industri bisa mengalami kerugian dg terhentinya produksi karena listrik yg mati, dan masih banyak lagi kerugian-kerugian yang akan ditimbulkan. Oleh karena itulah adik-adik kita mulai dari sedini mungkin kita dari PLN ini datang untuk memberikan pengertian terhadap kalian agar nanti kedepannya bisa menghargai sebuah listrik, tidak boros dan lain sebagaianya.
aku         : oh, ya begitu pentingngnya pak ya listrik itu, mulai dari sektor ekoomi, kesehatan sampai hiburan membutuhkan yang namanya listrik

Listrik  bisa dikorupsi
bpk burhan   : betul itu rel, oh ya anak-anak bapak mau tanya nih, menurut kalian korupsi itu baik gak?
teman-teman : jelas tidak baiklah pak....!!!!
bpk burhan  : syukurlah anak-anak kalau kalian mengerti, memang kenapa sih kalau korupsi itu tidak baik, ada yang tahu gak akibat perbuatan korupsi itu ?
aku              : hemmm apa ya pak ? "sambil berpikir keras" yg pasti merugikan orang banyak pak!
bpk burhan : ya bisa dikatan seperti itu, dampak dari sebuah korupsi sangat besar buruknya buat kita anak-anak. Sangat menyengsarakan orang lain  juga dan itu sangat dillarang oleh agama. Bayangkan saja anak-anak mengambil hak yg bukan milik kita itu juga termasuk salah satu sikap korupsi, dan akibat bila kita mengambil hak yg bukan milik kita, maka kita telah menyengsarakan atau membuat orang yang seharusnya memiliki hak tersebut itu jadi sedih, dan pada akhirnya hidupnya menjadi serba kekurangan. Dan yg perlu diingat anak-anak itu adalah perbuatan dosa jadi jangan pernah sekali-kali kita berbuat korupsi. Setuju anak-anak !!!!!
teman-teman : setuju pak......!!!!!!
aku           : maaf pak, bukannya kita ini sedang membahas tentang listrik tapi kok sampai topik korupsi dibahas juga ya ? heheh....
bpk burhan  : lha itulah kehebatan korupsi anak-anak, dimanapun itu, potensi terjadinya korupsi selalu ada. Pun tak terkecuali di tubuh PLN. Sekolah yang merupakan tempat menimba ilmu saja bisa di korupsi apalagi di suatu perusahaan besar seperti PLN, pasti potensi itu selalu ada anak-anak.
aku : oh ya, benar juga ya pak ! heheh.... "sambil menggaruk kepala"

Tercetusnya Program PLN Bersih
bpk burhan lalu melanjutkan pembicaraannya :

Anak-anak sama seperti yang lainya PLN juga mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikorupsi, terutama di sektor pengadaan barang dan jasa pelayanan . Dan dengan latar belakang bahayanya tindak korupsi yg telah kita bahas tadi maka PLN sangat berkomitmen untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme atau KKN. Maka dengan itu PLN mencanangkan program PLN Bersih

Dan didukung oleh semua pihak PLN, pegawai, mitra kerja, dll. PLN Bersih mengincar terjadinya tindakan korupsi, suap, pungutan liar dan sebagainya baik dalam ukuran kecil maupun besar yang biasanya terjadi di kedua sektor tersebut (pengadaan barang dan jasa pelayanan). Dengan demikian diharapkan adanya PLN Bersih akan menumpas semua ita dan bisa membangun sistem yang baik, yang dapat menangkal praktek korupsi dalam bentuk apapun itu.

Langkah PLN untuk mendukung PLN Bersih
bpk burhan masih melanjutkan pembicaraannya :

Adik-adik menjadikan sebuah perusahaan, lembaga atau yang lainnya bersih dari sebuah korupsi, itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh suatu kerja keras dan konsistensti dari semua pihak yang terlibat. Dan demi untuk mewujudkan PLN Bersih, maka PLN melakukan tindakan-tindakan yang nyata, seperti berikut ini anak-anak :

A. PLN membangun sebuah sistem yang berlandaskan empat pilar utama PLN Bersih atau yang dikenal dengan sebuta PITA, yaitu :

  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya PLN Bersih
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.

B. PLN bekerja sama dengan TII

Anak-anak untuk mendukung program PLN Bersih, PLN juga melakukan kerja sama dengan organisasi global anti korupsi yaitu Transparency International Indonesia atau yg disingkat dengan (TII). Kerjasama tersebut sudah berjalan sejak bulan Maret tahun 2012. Tujuan kerjasama ini lebih bertujuan untuk memastikan bahwa PLN dapat menjalankan usahanya, yakni menyediakan listrik bagi masyrakat luas dan benar-benar mengaplikasikan praktek God Coorporate Governance (GCG) dan anti korupsi

Alasan kenapa PLN  bekerjasama dengan TII adalah karena mereka mempunyai kredibilitas yang sangat luar biasa. Sebuah jaringan global anti korupsi yang juga ikut mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyrakat sipil.  Sealain itu hal yang menguatkan PLN untuk bekerjasama adalah Bersama lebih dari 90 chapter lainnya, TII juga berjuang membangun dunia yang bersih dari praktik dan dampak korupsi di seluruh dunia. TII memadukan kerja think-tank dan gerakan sosial. Di samping itu, TII juga mengembangkan Pakta Integritas sebagai sistem pencegahan korupsi di birokrasi pemerintah.

Maka dengan adanya kerjasama ini, baik PLN, pelanggan, vendor/mitra kerja maupun stake holder lainnya sama-sama dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan korupsi. Menciptakan PLN yang didasarkan pada sistem perusahaan yang baik dan benar, transparan dan anti korupsi.

C. PLN bekerja sama dengan blogger untuk mensosialisasikan PLN Bersih

Sumber

Lalu yang ketiga adalah bekerjasama dengan para blogger, adik-adik tahu gak blogger itu siapa ? oke kalau begitu langsung aja ya heheh... kalangan blogger lebih dikenal sebagai orang yang mempunyai suara tersendiri, lewat media tersebut kalangan blogger cukup diaku sebagai orang independen yang bisa dikatakan netral. Suara-suaranya menjadi sebuah panutan atau didengar oleh masyrakat . Oleh karena itu pengaruh seorang blogger cukup penting dalam menyuarakan sesuatu ( tentunya yg bermanfaat )

Dan bertempat di Senayan City pada tanggal 4 September kemarin  PT PLN Persero mengadakan acara kumpul bareng blogger . bekerja sama dengan BLOGDetik acara ini dihadiri langsung oleh pihak PLN yakni Bapak Bambang Dwiyanto selaku manager senoir beserta Bapak Dwikusnanto selaku manager bidang niaga. Selain itu turut pula artis Ussy Sulistiawati dan para blogger dari Jabodetabek, Malang, Garut, dll. Dan di Sela presentasinya bapak Bambang Dwiyanto mengatakan bahwa sejak awal tahun lalu, PLN berkomitmen untuk menjadikan PLN yang bersih, bersih dari kecurangan suap, pungli, gratifikasi, dll. Selain itu bapak Bambang Dwiyanto juga mengajak para blogger untuk mendukung PLN Bersih dan melaporkan langsung jika menemui tindakan-tindakan supa, pungli,korupsi, dll. Acara ini berlangsung sangat santai dan seru, ada sesi tanya jawab, cap lima jari sebagai bentuk dukungan blogger terhadap program PLN Bersih, dan yang paling ditunggu-tunggu heheh... yakni pembagian doorprize. Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik disini.
 
D. PLN mengadakan program listrik pintar

Sumber

Ini adalah sebuah inovasi terbaru dari PLN, program ini lebih menjanjikan pada kemudahan, kebebasan dan kenyamanan bagi pelanggan. Program ini sangat bisa mencegah pada tindakan-tindakan suap, pungli, dll. sehingga akan sangat mendukung PLN Bersih. Mengapa ? Ya, karena program ini akan meminimalisir berbagai aktifitas kerja dari petugas PLN. Tidak akan ada lagi petugas PLN yg datang kerumah untuk mencatat meteran, sehingga intensitas pertemuan masyarakat dan petugas dari PLN berkurang dan otomatis potensi kejadian-kejadian penyalahgunaan seperti yg sudah saya sebutkan sebelumya  bisa diminalisir. 
Meteran Listrik Pra Bayar Sumber

Seperti isi ulang pada ponsel, pada sistem listrik pintar ini juga menggunakan pulsa/voucher. Anda bisa membeli vouchernya terlebih dahulu, lalu kode yang tertera pada voucher tersebut kita input kedalam meteran melalui keypad yang tersedia khusus di meteran prabayar. Cukup mudah kan anak-anak heheh.... selain itu banyak sekali manfaat-manfaat yg kita dapatkan melalui listrik pintar ini seperti, kendali listrik ada di kita sendiri, lalu bebas biaya keterlambatan listrik sehingga kita tidak perlu takut jika tiba-tiba listrik kita diputus, dan masih banyak lagi anak-anak manfaat lainnya. Tapi ngat ya dik-adik kita juga harus tetap berhemat listrik !!!! Untuk informasi selengkapnya bisa klik disini

E. Menyediakan layanan customer service di berbagai wadah atau media untuk mempermudah masyrakat

ini dia cara untuk menghubungi PLN

Yang perlu diketahui anak-anak, pada dasarnya PLN Bersih juga memberikan kemudahan bagi para pelanggannya. Termasuk dalam  memberikan kemudahan untuk menghubungi PLN jika ada sesuatu yang sangat penting. Bukan hanya sekedar mencari informasi, tapi juga bisa dimanfaatkan jika ada petugas PLN yg menyalahi prosedur tugasnya.

Maka untuk menghubungi PLN, PLN telah menyediakan berbagai jalur komunikasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh masyrakat. Berikut ini line-line nya :

1. PLN Call center melalui telephone ( kode area ) lalu tekan 123
2. PLN Website dengan mengklik www.pln.co.id
3. PLN Facebook yaitu pln 123
4. PLN Twitter yaitu @pln_123
5. PLN Email yakni @pln123@pln.co.id
6. PLN Sms Peduli : 0812-8102-2000

Dengan adanya media-media tersebut diharapkan masyarakat lebih mudah lagi dalam mencari informasi, menyampaikan keluhan-keluhannya, dan tak segan-segan melaporkan ke PLN jika ada petugasnya yang berbuat nakal atau tak sesuai dengan prosedur kerja.

Sesi tanya - jawab
"Itulah Adik-adik seputar tentang PLN Bersih dan juga langkah - langka PLN  untuk dapat merealisasikannya, bagaimana sudah jelas ? kalau belum sekarang bapak mau buka sesi tanya jawab nih heheh... silahkan kalian bertanya jika ada yg masih bingung !" ujar bpk burhan.

Aku                 : pak saya mau tanya, PLN bersih ini tercetus sejak kapan ?
Bpk burhan : baiklah saya jawab langsung ya dina ? Program PLN Bersih ini sudah berlangsung sejak  tahun lalu tepatnya bulan Maret lalu, dan di tandai dengan kerjasama antara PLN dan TII

Budi              : Hal penting apa pak yg melatarbelakangi terwujudnya program PLN Bersih ?
Bpk burhan : Wah pertanyaanmu cukup berat ya, heheh... oke bapak jawab langsung. PLN mempunyai visi yang sangat besar yakni "diakui sebagai perusahaan kelas dunia yg bertumbuh kembang, unggul, dan terpercaya dg bertumpubpada potensi insani" tentu untuk mewujudkan itu tidak mudah dan perlu kerja keras. Dan dg adanya bahaya korupsi yg bisa terjadi dimana-mana dan dapat mengancam visi dan misi kita, maka hal tersebut tentu menjadi perhatian, agar kita bisa terus memberikan pelayanan yg terbaik dan cita-cita kita bisa tercapai.
Budi              : oh, begitu ya pak  ? terimakasih atas jawabannya
Bpk burhan : Sama-sama dek :) "sambil tersenyum"

Agus         : Pak saya juga mau bertanya, memberantas korupsi pastilah sangat sulit apalagi jika sudah menjadi budaya seperti apa yg sudah terjadi di negara ini. Apakah yakin dengan program ini bisa memberantas praktek korupsi di tubuh PLN
Bpk burhan : Memang betul anakku membarantas korupsi tidak lah mudah, butuh proses, tapi kita juga harus optimis bisa memberantas korupsi itu. Dengan modal kerja keras, sungguh-sungguh dan konsisten kita yakin bahwa bisa memberantas korupsi. Oleh karena itulah  selain membenahi dilingkup PLN sendiri, kita juga menjalin kerjasama dengan masyrakat. 

Dina          : Oh ya pak sebentar lagi PLN berulang tahun ya ? dan menyambung jawaban bpk dari pertanyaan Agus, tadi dikatan juga bahwa PLN juga butuh kerjasama dengan masyrakat. Dan salah satu yang bisa saya tangkap setelah mendengarkan presentasi bapak yakni bekerjasama dengan para blogger. Ada program lain tidak pak selain acara kumpul blogger dalam waktu dekat ini ? terimakasih
Bpk burhan : Terimakasih juga dina atas pertanyaannya. Benar PLN akan berulang tahun yang ke 68 pada 27 Oktober ini, dan benar sekali apa yang kamu katakan bahwa salah satu kerjasam PLN dengan masyrakat adalah menjalin hubungan dengan para blogger. Dan menjawab pertanyaanmu, dalam rangka menyambut hari ulang tahun PLN  juga mengadakan lomba blog dengan tagline "Blogger Dukung PLN Bersih" diharapkan dengan adanya program ini diharapkan para blogger mampu menyuarakan program yang sangat mulia ini. Sehingga menjadi contoh baik dan mampu menginspirasi pembaca dan masyarakat umum lainnya akan keseriuasan PLN memberantas korupsi. Menunjukan bahwa ini ada perusahaan yang beda dengan lainnya, yakni PT PLN (Persero) perusahaan yang sangat anti korupsi dengan langkah nyatanya.
Dina            : Oh begitu ya pak ! sangat luar biasa jawaban bapak ini hehehe...
Bpk burhan : hahah.... biasa kali nak.... ! "sambil tersenyum lebar"

"Baiklah anak-anak cukup sekian ya sesi tanya jawabnya, maaf tidak bisa menjawab semua pertanyaan kalian. Intinya dengan semua pertanyaan yg sudah diajukan,  kalian semua hebat-hebat !" ujar bpk burhan

Teman-teman pun menjawab "heheh.... terimakasih bapak!"

Lantas apa yang bisa kita lakukan utuk mendukung PLN Bersih

Sumber

" Dan yang sudah kita ketahui anak-anak bahwa PLN tidak bisa bekerja sendirian untuk mewujudkan PLN Bersih, namun PLN juga membutuhkan kerjasama dengan kita ( masyarakat umum ). Nah sekarang yang bapak mau tanyakan  lagi kepada kalian kira-kira hal-hal apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung PLN Bersih ? " tanya bpk burhan.

" Hemm... apa ya pak ? mungkin menggunakan listrik seperlunya saja atau tidak boros listrik ? " ujarku.

Bpk burhan menjawabnya :
Betul, itu salah satu contoh sikap kita juga untuk menghemat listrik dan mendukung PLN Bersih. Dan contoh - contoh lain yang bisa kita lakukan untuk mendukung program PLN Bersih adalah :

1. Tidak memberikan uang tip atau menyuap petugas PLN yang datang kerumah kita dalam bentuk apapun
2. Segera melaporkan ke PLN jika ada petugas yang bekerja tidak sesuai dengan prosedurnya ( memaksa, meminta uang tambahan, dll. )
3. Bercerita tentang PLN ke teman-teman atau ikut mensosialisasikan dari mulut-kemulut
4. Tidak menggunakan alat ilegal atau semacamnya yg dapat mengurangi beban atau biaya listrik secara tidak wajar atau bahasa umumnya tidak mencuri beban listrik.

Itulah anak-anak beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung program PLN Bersih. Dan karena waktunya sudah habis, bapak mengucapkan terimakasih banyak ya kalian sudah mau mendengarkan presentasi ini. Semoga apa yang sudah kita bahas kali ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, Amin Dan yang terakhir ""Ayo....! kita dukung PLN Bersih untuk kehidupan yang lebih baik......""

""Terimaksih juga pak, kita sangat senang sekali atas kedatangan bapak-bapak semua dari PLN . Pastinya kita akan selalu dukung PLN Bersih Semangatttt........!"" ujarku dan teman-teman

"Oke terimaksih ya anak-anakku atas waktunya, semoga lain kali kita berjumpa lagi, Amin..... selamat siang....semuanya!" sahut bpk burhan kemudian

"Bpk burhan dan semua rombongan dari PLN kemudian meminta pamit kepada bu guru dan meninggalkan kelas dan kembali menuju kantornya"

"Setelah itu, kita pun langsung diperbolehkan pulang oleh bu guru. Sesampai rumah aku makan siang lalu pergi membeli buku bersama teman-teman."

                                                                ----------selesai-------------

Itulah teman-teman ceritaku tentang PLN Bersih, bagaimana ceritanya, agak garing ya ?  heheh.... Jadi seperti itulah intinya tentang PLN Bersih, sebuah cara baru untuk mencegah praktek-praktek suap, pungli, korupsi, dll. Besar harapan  kita termasuk aku (seorang blogger) agar program tersebut bisa berjalan lancar dan PT PLN  (Persero) bisa terus konsisten dan bekerja keras untuk mewujudkan PLN yang bersih. Ingat kalian ( PLN ) tidak sendiri, ada kita-kita yang akan selalu mendukung kalian jadi semangattttt terus karena sebuah niat yang baik pasti akan di mudahkan urusannya Amin 

Darel dan kawan-kawan mengucapkan selamat ulang tahun untuk PLN

Dan yang terakhir dari saya adalah selamat ulang tahun yang ke 68 untuk PLN, semoga dengan usia yang semakin matang ini PLN bisa terus sukses, terus lebih baik lagi, terus menjadi kebanggan indonesia dan terselip doa semoga aliran listrik bisa merata dan menjangkau di seluruh wilayah Indonesia. Aamin... Terimakasih dan Wassalam......

Referensi :
plnbersih.com
wikipedia
pln.co.id

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

16 komentar:

  1. Reviewnya bagus dan sangat informatif. Go..go.. PLN jadi bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mz, benar yuk kita dukung pln bersih !!!! gooo.... kita pasti bisa ;) heheh..

      Hapus
  2. Wow... lengkap,informatif dan banyak ilustrasinya juga ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih mz, happy reading ya ! :) #marikitadukungplnbersih

      Hapus
  3. keren..
    kunjungan balek dari http://ngacol.blogspot.com/2013/10/si-ngacol-dukung-pln-bersih.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay,,,,,, trimakasih gan ! #marikitadukungplnbersih

      Hapus
  4. keren, ceritanya jg bagus, good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih :) #marikitadukungplnbersih

      Hapus
  5. wiiiii, reviewnya asyik sekali, cara berceritanya unik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeayyy syukur kalau yg baca senang hehhh trimakasi ya mbak anggi sdh baca review saya :) hehehhh.... #marikitadukungplnbersih

      Hapus
  6. Haha keren mas artikelnya :D keep posting..

    BalasHapus
  7. terimakasih..... happy reading ya ! hehehh :) #marikitadukungplnbersih

    BalasHapus
  8. nice artikel gan, unik dg ada ceritanya plus isi kontennya sangat bagus sekali ! sukse ya gan!!!!! oh ya satu lagi mari kita dukung PLN Bersih !!!!!!! heheh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, yeayyy thanks gan kalau suka hehh.... ! yuk mari kita dukung plb bersih :)

      Hapus
  9. Bagus tulisane gan. Bahasa dialognya menarik.
    Mampir tempatku juga donk. Dukung PLN Bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan :) siap mluncur ke tkp heheh :)) #dukungplnbersih

      Hapus