Pages

" Punya dana pensiun sejak muda itu ANTI MAINSTREAM " itu kata Angga !


Ilustrasi angga dan denis *karya pribadi*

Disuatu sudut kota jakarta, terdapat anak muda yang aktif dan selalu ingin belajar. Ya, namanya adalah Angga, dia adalah anak remaja berusia 24 tahun yang sedang meniti karir untuk masa depannya. Siang itu, tepatnya pada hari Jum'at ia barusan aja keluar dari sebuah bank. Hmm.. rupanya Angga memiliki sebuah rekening tabungan untuk dana pensiun. Saat pulang menuju ke rumahnya tiba - tiba di tengah perjalanan ia bertemu dengan temannya.....

hai bro dari mana kamu ? tanya denis teman angga

oh denis... ini lho dari bank ! jawab angga

dari bank, ngapain ?

ya nabung lah nis, masa mau shopping ! hahah...

heheh... betul juga sih jawab denis sambil menggaruk - garuk kepalanya

eitss... kamu tahu gak nis, aku barusan ini gak biasa lho... nabungnya !

maksudnya, kamu bukan nabung-nabung yg seperti orang-orang lakukan biasanya ? itu gimana ? tolong dijelaskan !

hahah.. kami pasti kepo banget kan ? penasaran nabung gak biasa itu apa ? hahah...

oke-oke aku jelaskan, yang kumaksud dg nabung yg tidak biasa tadi adalah aku mempunyai rekening tabungan dana pensiun. Dan ya, aku barusan tadi habis nabung atau menyetor dana tunai ke bank untuk masa pensiunku nanti.



oh gitu.. maksudnya kamu nabung untuk masa pensiunmu kelak? emang penting ya ? kan masih lama... senag-senang aja dulu lah ! heheh...

yaps.. betul sekali, pensiun itu pasti dan ketika kita pensiun sudah pasti diri kita  tidak bisa produktif untuk bekerja lagi, kita manusia biasa yg mempunyai kapasitas, bukan seperti robot yg bisa melakukan apapun. Apa kamu yakin nis ketika kamu sudah pensiun, kamu pasti hidup enak ?

hmm.. yakin gak yakin sih.. ! ah tapi itu kan masih lama.. menurutku gak terlalu urgent sih... mungkin masih ada anak yg bisa kita andalkan ? heheh..

ya kalau gitu kamu gak mandiri dong ? apa yakin kamu akan selalu bisa mengandalkan anakmu  ? kamu gak kasihan, pastinya kan anakmu juga punya kebutuhan sendiri terhadap istri dan anak-anaknya ?

heheh... iya... ya ?


menurutku ini yah nis, merencanakan pensiun itu sama pentingnya loh... ketika kita masih kecil dan sering ditanyai cita-citamu besok kalu udah besar mau jadi apa ? Cepat atau lambat setiap orang pasti akan memasuki usia pensiun, dan yang jadi pertanyaannya sekarang nis, apakah kita sudah siap pensiun ? cukupkah dana yang kita miliki sekarang untuk menghadapi pensiun kita ?

pensiun mempunyai makna berbeda tiap orang, dan hal yang pasti ketika kita pensiun adalah berhentinya mempunyai penghasilan aktif. Terlebih lagi ketika kita sudah memasuki usia pensiun namun pengeluaran kita tetap berjalan seperti biasa.

hmm.. benar juga yang kamu katakan, jadi takut nih nanti kalau sudah pensiun ! kira-kira sanggup gak ya aku menghadapi semua kebutuhanku nantinya...

hmm... pensiun itu bukanlah sesuatu hal yg harus ditakuti kalau kita tahu apa yg harus kita lakukan.  benar gak nis ?  heheh.... seperti aku nih, aku mulai menyiapkan dana pensiun sejak dini... justru mumpung kita masih muda nih ya, yg masih giat-giatnya untuk bekerja, kita harus mulai aware menyisihkan sebagian uang kita untuk diinvestasikan. Salah satunya adalah kita membuka tabungan dana pensiun. heheh..


punya dana pensiun sejak muda itu ANTI MAINSTREAM ! yuk mulai sekarang kita persiapkan dana pensiun kita  sejak dini. Kalau kita punya dana pensiun sejak dini itu anti mainstream lho nis, mengapa ? karena kita akan beda dg anak-anak seumuran kita yg lebih mementingkan kesenangan mereka saja, heheh...  akan bnayak manfaatkan yg akan kita dapatkan ketika esok saat kita sudah pensiun. kita akan bisa menikmati masa tua kita dengan sejahtera, dan tidak khawatir / bingung lagi.

oh gitu ya, oke setuju aku ! oh ya emang kamu buka tabungan dana pensiun apa ?


aku buka tabungan BNI Simponi nis, dari bank BNI !

wah kalau gitu aku mau ikutan dong kaya kamu ? heheh..

beneran kamu mau menyiapkan dan pensiun mu sedini mungkin ? kata kamu gak penting ! heheh..

hahah.. itu kan tadi, setelah aku dengar penjelasanmu aku pikir sangat penting heheh..

hahah..oke sip ! aku jelaskan sedikit ya mengenai BNI Simponi itu !

BNI simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Siapapun kita, bisa menjadi peserta BNI Simponi. 

nih ya nis, enaknya BNI Simponi itu walaupun kita berpenghasilan terbatas, dengan melakukan iuran minimal Rp. 50.000,- maka kita akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah memasuki usia pensiun, peserta berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris. Jadi gak mahal kan ? heheh..

oh ya cara daftarnya gimana ?

gampang banget nis, kita cukup datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa foto copy ktp dan mengisi form aplikasi sesuai dg identitas diri kita dg menyetor iuran awal minimal sebesar Rp. 250.000,-  maka kita sudah bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi. Mudah banget kan ? heheh...

wah iya, gak ribet ! oh ya kapan-kapan mau dong aku di anterin untuk jadi peserta BNI Simponi  ? heheh...

hmm... gimna ya ? hahah.. oke-oke nanti kamu telpon aku aja kalau mau ke BNI

oke-oke thanks ya nga ! oh ya kayakanya kita udah lam nih ngobrol nya, heheh... kalau gitu aku mau pamit ya, enggak enak nih udah ganggu kamu ! 

hahah... santai aja nis, oke-oke kalau gitu aku pergi dulu ya ?

oke, sekali lagi thnks ya nga !

merekapun akhirnya menyudahi obrolannya, dan pergi masing-masing
 

                                                               -----selesai-----

halo-halo para pembaca, gima kabar kalian ? semoga selalu dalam lindungan yang maha kuasa ya :) Aminn.... heheh.. diatas tadi kalian udah di suguhkan oleh sebuah cerita singkat, gimana ? pasti tahu dong tema yg lagi dibacarakan ? Yupz, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya memiliki dana pensiun sejak dini atau muda. Karena sedikit banyak sudah saya ulas lewat cerita diatas, maka saya akan menambahkan sedikit review lagi mengenai tema kali ini.

memiliki dana pensiun sejak muda itu sangat penting, berbicara akan manfaat yg akan diraih kelak saya rasa memiliki dana pensiun sejak muda itu wajib hukumnya, heheh... Cepat atau lambat yang namanya pensiun itu pasti akan datang kepada diri kita, dan ketika kita pensiun kita tidak akan bisa produtif lagi seperti muda dulu, efeknya adalah kita tidak akan memiliki sebuah penghasilan yg aktif. Apa yakin kalian akan bahagia atau sejahtera ketika udah usia pensiun kelak ? hmmmm.. hanya anda yang tahu. heheh... Kalau  kita udah prepare sejak muda, tentunya kita akan pede menghadapi masa pensiun, tapi buat kalian yg sejak mudah gak mau prepare atau menyiapkan dana pensiun ! hahah.. siap - siap aja kalian akan kesulitan dan kebingungan.

kalau kata Angga memiliki dana pensiun sejak muda itu ANTI MAINSTREAM, yuk mulai sekarang kita lebih aware terhadap kehidupan kita.  Dengan memiliki dana pensiun sejak muda, kita akan menjadi orang yg berbeda dengan orang-orang lainnya. Salah satu investasi yang dapat kita lakukan adalah menjadi peserta BNI Simponi, banyak sekali manfaat ketika menjadi pesertanya. beberapa diantaranya adalah BNI Simponi ini dapat diikuti oleh semua orang, tak terbatas oleh semua bidang apapun itu karena iuran minimlanya sangat murah sekali yakni hanya sebesar Rp. 50.000,- Untuk kalian yang kepo dan ingin mengetahui lebih banyak hal lagi tentang BNI Simponi silahkan buka link ini http://bit.ly/BNI_Simponi

kesimpulan yg dapat kita ambil adalah siap tidak siap usia pensiun harus kita hadapi. Kita memang tidak pernah berencana untuk gagal, akan tetapi kita biasanya gagal untuk merencanakan. Perencanaan. Dana Pensiun sejak muda penting untuk segera dilakukan agar membantu kita untuk menghadapi dan menjalani masa pensiun dengan baik.

Oke tanpa berpanjang lebar lagi, mungkin itulah beberapa hal yg dapat saya share pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yg kurang berkenan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Oh ya ingat kata angga, Punya dana pensiun sejak muda itu ANTI MAINSTREAM ! heheh.... Wassalam.

Sumber informasi :
http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/simpananpensiun/bnisimponi.aspx
http://www.finansialku.com/perlukah-persiapan-dana-pensiun-sejak-usia-muda/

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

12 komentar:

  1. thanks gan informasi, berasa kayak ketampar nih krn sblmx gak terlalu mentingin kayak ginian.... heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas... heheh.. bener ! saat nulis artikel ini aku sblmnya juga cuek amat kok, heheh.. smoga apa yg ku share ini bisa bermanfaat utk aku khususnya dan semuanya :) amin

      Hapus
    2. hahah... berarti dah sadar nih heheh... btw itu bener ya kalau jadi peserta simponi bni setor selanjutnya hanya 50.000 ?

      Hapus
    3. haha.. betul maz, skrng lagi mulai memikirkan nih ! yapz betul sekali maz, setoran awal utk menjadi peserta simponi bni adalah minimal 250 rb dan selanjutnya setoran perbulan minimal hanya 50 rb. sangat terjangkau lah jadi semua orang bisa memiliki tabungan dana pensiun

      Hapus
    4. wah beneran itu ? aku pikir selama ini kalau ikutan kayak gitu2an harganya mahal...? emang cara gabungnya gimana ?

      Hapus
    5. gak kok BNI Simponi sangat bisa diikuti oleh semua orang :) setoran awal minimal 250 rb dan selanjutnya minimal 50 rb ! utk cara gabungnya ya sudah aku sebutin diatas cukup datang ke kantor BNI/cabang terdekat bawa fotocopy ktp dan ngisi form pendaftaran. gitu aja, mudahkan ? heheh :D

      Hapus
    6. oke thnks informasinya, sangat membantu sekali :))

      Hapus
  2. wwih bener juga ya.. seperti pepatah sedia payung sblm hujan.. lbih baik kita mempersiapkan dana pensiun kita sejak muda agar nantinya bisa hidup sejahtera.. keren artikelnya.. nice info!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener sekali, justru mumpung kita masih mudah kita harus lebih aware. heheh.. boleh juga tu pribahasanya heheh.. thnks ya udh berknjung ke blog saya :))

      Hapus
    2. hahah... sip gan! btw aq belum punya tabungan dana pensiun nih, menurut agan BNI Simponi ini enak gak ya ?

      Hapus
    3. kalau BNI Simponi mah enak banget gann bisa diikuti oleh semua orang, selain manfaatnya yg begitu besar, utk menjadi peserta bni simponi mudah banget dan biaya setoran awalnya ringan banget yakni minimal hanya 250 ribu rupiah

      Hapus