Pages

Ide Untuk Suramadu

Gambar Jembatan Suramadu (Sumber)

Sejak diresmikan tanggal 10 Juni 2009 yang silam, gak terasa ya.. kini jembatan Suramadu udah memasuki usianya yang ke 5. Begitu lekat ingatanku dulu ketika bapak presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono meresmikannya, begitu luar biasa ramainya. Dihadiri sekitar 6.500 undangan lebih para tamu, dan kita yg menonton lewat tv disuguhkan berbagai macam budaya khas Madura. Ada tari-tarian, musik khas Madura, ansamble, dll.

Namun seiring berjalannya waktu, kini hingar bingarnya sudah tidak seramai dan se exicted dulu ! ada apa ?  Baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi, katanya tidak ada pengaruh yang berarti dibangunnya jembatan ini untuk kemajuan warga Surabaya dan Madura khususnya !

Apa yang kalian harapkan tentang perkembangan wisata di Surabaya dan Madura ?

Sebagai orang Surabaya dan pernah mengunjungi Suramadu, aku berusaha untuk care. Tak bisa dipungkiri bahwa pariwisata adalah salah satu faktor yang penting untuk dapat menunjang perekonomian di sekitarnya. Semakin banyak pendapatan yg didapatkan dari pariwisata, maka semakin sejahtera rakyat disekitarnya, bahkan Negara pun bisa merasakan dampak positifnya. Berkaca dari negara - negara tetangga, kita harus belajar dari mereka. Lihat saja Singapura, Malaysia, dan Thailand, hampir setiap tahun dikunjungi oleh 20 juta lebih wisatawan dari seluruh manca negara.  Kalau ada pertanyaan " apa yg kamu harapkan tentang perkembangan wisata di Surabaya dan Madura ? " maka tentu jawabanku adalah aku ingin agar perkembangan pariwisata di Surabaya dan Madura  khususnya, tidak berjalan ditempat ! Aku ingin sekali setiap hari selalu ada perkembangan yg menggembirakan dari pariwisata di Surabaya dan Madura, sehingga harapannya kedepan pariwisata di Surabaya dan Madura bisa maju dan sangat profesional.

Apa langkah kreatif untuk membangun pariwisata wilayah di Surabaya dan Madura?
 
Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini dan telah menjadi sebuah icon bagi Indonesia, sebenarnya ini adalah sebuah peluang yg harus dimanfaatkan demi meningkatkan pariwisata di Surabaya dan Madura khususnya. Maka ideku untuk membangun pariwisata di surabaya dan madura adalah :

A. Meningkatkan promosi pariwisata surabaya dan madura

b. Membuat slogan pariwisata

Tanpa adanya sebuah promosi tentu orang tidak akan kenal dg apa yang ingin kita tunjukkan, bicara produk saja kita sudah lihat berbagai macam iklan - iklan di tv. Pun sama halnya dengan pariwisata, tanpa adanya suatu promosi tentu tidak akan bisa berjalan. Menurutku salah satu hal yg bisa dilakukan untuk meningkatkan promosi pariwisata di Madura adalah dengan memikirkan sebuah slogan pariwisata yg bisa mempresentasikan Madura. Kalau surabaya punya Sparkling Surabaya, maka Madura ? harapannya adalah agar ketika orang itu mendengar kata slogan tersebut, dia langsung berpikir oh itu tentang Madura ( mengaitkannya dg Madura ) sehingga dengan demikian pariwisata Madura akan lebih dikenal oleh banyak orang dan dapat memberikan kesan tersendiri.

c. Mengadakan event yg bisa menarik banyak massa

Tentu Madura lebih dikenal karena adanya jembatan Suramadu, hal ini bisa kita manfaatkan untuk menarik banyak massa dengan menggelar event-event disana. Lahhh... ideku adalah aku berharap agar bisa diadakannya event internasional lomba lari 5K. aplikasinya adalah kita mengundang atlit lari dari berbagai dunia untuk ikut berpartisipasi dalam lombari lari 5k tersebut. Tenang bukan hanya untuk orang-orang bule saja kok, tapi lomba lari 5k ini bisa diikuti oleh semua orang tanpa ada batasan usia. bukan hanya dari surabaya dan madura sekitar saja, orang-orang dari jakarta, sumatera, papua, dll. boleh banget ikutan. Lomba lari di mulai dari pintu gerbang Surabaya dan finish di pintu masuk Madura. pasti keren karena lomba lari 5k diadakan di sebuah jembatan terpanjang di Indonesia, mereka semua bisa hapy-hapyan den menikmati keindahan alam sekitar. 

Dengan diadakannya lomba lari tersebut, diharapakan dapat mengenalkan potensi wisata madura keseluruh dunia. memberikan kesan-kesan yg sangat berarti bagi semua peserta lomba lari 5k

d. Merangkul para blogger khususnya travel blogger.

Bisa dikatakan para blogger, khususnya travel blogger adalah duta pariwisata. Mereka adalah orang yg cukup influental di dunia media sosial, selalu menyebarkan virus-virus travelling di internet. Ya, dengan era tekhnology yang begitu maju seperti sekarang, era kebebasan berekspresi dan citizen jurnalism ikut andil dalam mempengaruhi wajah industri pariwisata. Dengan trendnya media sosial dan blogging, mereka dapat memberikan sebuah dampak yang begitu berarti. rutin menshare cerita-cerita ketika liburan, memposting foto-fotonya ketika liburan, dll. tentu ini akan menjadi suatu daya tarik atau rekomendasi bagi orang-orang yg ingin mencari tempat liburan.

Disini akau berharap agar semua pihak yg terkait bisa merangkul atau bekerja sama dg para blogger untuk mensosialisasikan, mengadakan promo, atau melakukan event-event yang sangat berguna utk kemajuan pariwisata Surabaya dan Madura. 

B. Wisata eksklusif Madura

Kemudian ide berikutnya adalah bagaimana kalau kita membuat wisata eksklusif di madura ? agar dapat memberikan pengalaman yg berbeda, aku punya saran agar kita bisa benar2 memanfaatkan tempat-tempat yg ada di Madura.

a. Wisata religi

Madura dikenal sbg daerah santri dan mempunyai banyak masjid-masjid yag cantik, bukan hanya itu saja madura juga memiliki makam-makan tokoh agama yg sering dikunjungi oleh para peziarah. kalau aku pernah sekali ke air mata ibu, tempatnya sungguh sangat indah dengan menaiki anak tangga dan lokasinya diatas, selain berziarah aku juga bisa menikmati kiendahan alamnya. Harapanku disini agar semua pihak yg terkait bisa menyelenggarakan sebuah paket wisata religi yg continue. Ya, continue disini adalah diadakannya sebuah paket wisata religi yg benar-benar terintegrasi antar satu tempat wisata religi dg tempat religi lainnya. dan itu bisa benar-benar konsisten untuk terus dilakukan, sehingga dengan demikian wisatawan dapat mengunjungi banyak tempat wisata-wisata religi yg ada di Madura. tujuan disini jelas bahwa wisata religi adalah salah satu sektor wisata yg menjadi andalan dan merupakan identitas bagi Madura.

b. Wisata petualangan kuliner

Madura sangat terkenal dengan kuliner bebek dan lainnya. Ide kreatifku untuk lebih memajukan pariwisata adalah dengan menggiatkan warisan kuliner khas madura. Aku ingin sekali diadaknnya wisata petualangan kuliner. Wisata petualangan kuliner ? apa maksudnya ? wisata petualangan kuliner adalah dibukanya sebuah kelas memasak makanan atau kuliner khas Madura yg bisa dikuti anatara 8 - 12 orang. Setiap pagi hari, dimulai jam enam pagi peserta kelas berkumpul terlebih dahulu di tempat yg telah ditunjuk atau sebuah restoran, setelah itu mereka harus berbelanja keperluan bahan-bahan yang akan dimasak. Agar terasa petualangannya, saat pergi ke pasar gk boleh naik kendaraan ya ? harus jalan kaki heheh... cari pasar tradisional yg agak jauh dari lokasi. Setelah sampai, sang guide bisa menjelaskan tentang kebiasaan-kebiasaan masyrakat saat berbelanja, kemudian ditunjukkan pula bumbu-bumbu atau bahan makanan khas yg ada di Madura. Setelah selesai berbelanja, kembali menuju lokasi dan mulai memasak bersama-sama. Peserta bisa tuhh... disuruh untuk mengiris bawang, mengulek bumbu, dll. setelah masakan matang, semua peserta dipersilahkan makan, makanan yg baru dibuat. Dengan diadakannya kelas ini, diharapkan bisa memberikan sebuah pengalaman yg baru dan asyik. ketika mereka makan hasil dari kerjanya, mereka pasti akan senang sekali.. sambil share serunya mengikuti kelas ini, mereka juga bisa bercanda-candaan.

c. Wisata adventure

Apa yang kalian lihat ketika sampai di jembatan suramadu ?  kalau aku sih.. yg kulihat adalah padang rumput yg sangat luas dan masih kosong. Menoleh kanan dan kiri aku menjumpai area kosong yg menurutku sayang kalau tidak dimanfaatkan. Di Madura ini aku punya ide lagi untuk membuat suatu wisata yg bernama wisata adventure. Wisata Adventure adala wisata catchy yang penuh dengan tantangan. Melihat kecenderungan orang-orang yg sukali sekali dg tantangan, seperti mereka lbh memilih tempat wisata yg menurut mereka bisa menantang, aku ingin sekali dibangunnya suatu wisata outbond dan air softgun. Selama ini masih jarang kan kita menemukan tempat air soft gun di surabaya ? lah dengan dimanfaatkannya lahan kosong di area suramadu untuk dijadikan tempat outbond dan air softgun pasti akan banyak menarik wisatawan.

Selain itu di wisata adventure kita bisa melihat pertandingan karapan sapi yg sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan Dunia. Bukan hanya melihat saja, tapi aku juga punya ide bagaimana kalau para wisatawan bisa merasakan atmosfernya berkarapan sapi ? bukan untuk pertandingan atau cepat-cepatan, tapi sekedar memberikan feel kepada para wisatawan, sebenarnya gimana sih rasanya naik diatas punggung sapi ?

Apa sajakah yang harus disiapkan agar wisatawan ketagihan datang ke Surabaya dan Madura?

Berbicara soal betah dan agar ketagihan, maka hal yang harus dilakukan disamping menyiapkan segala infrastrukturnya dengan baik, hal yg harus diperhatiakan juga adalah soal pelayanannya. Agar wisatawan bisa betah dan ketagihan untuk mengunjungi Madura, maka hal yg perlu diperhatiakan adalah dapat memberikan sebuah pelayanan dengan baik. Aku berharap diadakannya sebuah diklat ( pendidikan kilat ) untuk warga sekitar wisata tentang bagaimana cara menjamu tamu, berperilaku yg baik terhadap wisatawan.

Oh ya, ada satu lagi nih.... menurutku agar wisatawan dapat betah dan ketagihan untuk datang ke Madura adalah dengan memperhatikan soal keamanan. Aku banyak sekali mendengar kalau di madura sering terjadi hal-hal yg tidak mengenakan, apalagi kalau malam hari ! aku berharap agar semua pihak-pihak yg terkait benar-benar bisa memperhatikan hal ini. Agar semua wisatawan merasa nyaman dan aman saat ke Madura.

Mungkin itu sedikit ide kreatifku untuk membangun pariwisata Surabaya dan Madura khususnya. Terima kasih dan mohon maaf jika ada- kata-kata yg kurang berkenan.

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar