Pages

Optimisme akan resolusi saya berjalan manis semanis OBIDA yang melegakan

Foto Pribadi

Malam itu, 31 Desember 2017, disudut teras depan rumah aku terdiam dalam hingar bingar keramain orang-orang yang sedang menyambut malam pergantian tahun baru. Aku termenung sendiri, mengingat-ingat kejadian selama tahun 2017 ini, apa yang sudah dan belum aku capai. Menolak lupa akan resolusi yang pernah aku buat, sontak aku tersadar bahwa masih banyak hal yang belum aku gapai


Tahun baru, selain identik dengan kembang api dan berkumpul bersama orang-orang tersayang, nyatanya tahun baru juga tidak luput dengan yang namanya resolusi. Ya, menjadi sebuah tradisi bagi banyak orang bahwa tahun baru adalah resolusi baru, ini menjadi sebuah hal yang wajar bahkan ketika zaman perunggu, dulu orang-orang yang hidup dizaman tersebut sudah mempraktikkan seni resolusi tahun baru.

Apa dan sepenting apakah Resolusi itu ?


Resolusi adalah sebuah semangat untuk bertindak sesuatu yang mendasar dalam kehidupan seseorang. Resolusi juga dapat berarti ketetapan hati, yaitu sebuah kebulatan tekad untuk mengambil sikap. Intinya adalah resolusi itu daftar harapan atau rencana seseorang yang benar-benar ingin dicapai untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik.


Apakah resolusi itu penting ? tergantung orang yang menyikapinya. Namun jika pertanyaan tersebut diajukan kepadaku, maka aku akan jawab “ iya, sangat penting! ” memiliki resolusi saja seperti ini, terkadang masih terombang-ambing dalam mengarungi kehidupan, apalagi jika tidak punya!  bakalan seperti apa jadinya ? heheh...


Tahun baru, berarti semangat baru untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Tentu banyak diantara kita yang sudah memiliki resolusi baru yang ingin dicapai tahun 2018 ini, benar ? lalu bagaimana dg resolusi kalian semuanya ? apakah sudah banyak yang tercapai, atau malah hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali yang dicapai ? enggak mungkin lah ya, hihih...

Jika ditanya bagaimana dengan resolusiku kemarin dan apa resolusi di tahun 2018 ini ? Resolusiku tahun 2017 tidak semuanya berjalan dengan apa yang kuingankan, mencoba membaca ulang resolusi tahun lalu, ternyata hanya 30 % yang terwujud dari keseluruhan resolusi yang sudah aku buat, hmm kasihan ya ? heheh.... *jangan ngeledek begitu dong* 

Mencoba mengevaluasinya, ketika awal tahun begitu menggebu-gebu untuk mengejar resolusi, namun ditengah perjalanannya menjadi melempem, aku tuh tidak mau hal seperti ini terjadi lagi ! heheh...


Awal tahun 2017 sebenarnya adalah tahun yang cukup sulit bagi saya, mengapa ? karena pada tahun tersebut bisa dikatakan adalah tahun pemulihan bagi saya karena usai sakit pada akhir 2016-an. Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi dg tubuh saya, padahal tidak sedang diet tiba-tiba berat badan saya yang awalnya 68 kg terus berkurang hingga mencapai 46 Kg dalam kurun waktu enam bulan saja. Badan sering merasa lemas dan jantung pun terasa selalu berdetak dengan cepat. Sempat bingung sebenarnya sakit apa, namun syukurlah setelah periksa ke dokter tidak terjadi hal yang mengkhawatirkan, saya hanya harus banyak istirahat dan mengelola stress dg baik. 


Sepanjang tahun 2017 saya juga merasa terganggu oleh batuk berkepanjangan yang entah datang darimana. Tidak ada angin dan hujan tiba-tiba datang begitu saja, dan kalau sudah batuk itu tidak berhenti-henti, pokoknya sangat menyiksa dan tidak membuat nyaman ! Sudah diobati tetap saja, hilang dan muncul lagi. Hal ini amat sangat mengganggu produktifitas saya, sehingga merasa sangat terbatas dengan diri saya. Melakukan ini - itu tidak bisa bebas.

Resolusi saya


Dan ditahun 2018 ini saya tidak membuat resolusi yang muluk-muluk, saya ingin fokus untuk melanjutkan apa yang menjadi resolusi saya sebelumnya yang belum terwujud dan ingin meningkatkannya lagi yang sudah. Btw Kok tiba-tiba saya merasa pesimis ya dg resolusi 2018 ini ! takut dimana hal diatas terjadi lagi ditahun ini. Ah, sudahlah hal-hal yang seperti ini tidak usah dipikirkan !


Berikut ini resolusi saya ditahun 2018, Check it out :

Foto Pribadi


Hidup sehat


“ Men sana in corpore sano “ kalian pasti pernah mendengar istilah tersebut kan ? Ya, didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat, kurang lebih seperti itulah artinya. Ketika badan kita sehat karena sering berolahraga maka pikiran akan menjadi sehat pula. Pikiran jadinya Fresh, jernih dan tenang. Coba bayangkan Kalau badan sakit, tentu akan membuat semuanya sakit, pikiran jadi tidak tenang dan pada akhirnya membuat tidak nyaman. Betul ?

Sedikit sudah saya ceritakan diatas bahwa saya habis sakit, mungkin itu efek karena saya yang jarang berolahraga. Hmm... ada benarnya juga sih, kalau disuruh olahraga pasti malas. Heheh... akibatnya adalah saya yang malas gerak menjadi gampang drop. Badan sakit-sakitan, gampang lemas, pusing, dan batuk. Belum lagi saya sebelumnya yang suka makan junk food, gorengan, dll. membuat saya kelebihan berat badan. Hiks *mewek* 

Dan ditahun 2018 ini saya ingin mengubah gaya hidup selama ini, saya ingin hidup sehat. Caranya adalah dengan :

  1. Awal tahun ini saya Sudah menyiapkan jadwal untuk berolahraga tiap pagi. Saya mengusahakan berolahraga minimal 30 menit setiap hari sebelum bekerja. Sebenarnya hal ini pernah saya lakukan sebelumnya, namun ya begitu putus ditengah jalan, heheh... Setiap hari saya akan bersepedan selama 20 menit dilanjut kemudian jalan santai sambil menggandeng sepeda samapi kerumah. *bukan cewek* loh ya, hahah...
 
   2. Makan buah dan sayur setiap hari. Selama ini lebih suka makan goreng-gorengan dari pada  buah. Dan inilah yang ingin saya ganti! Saya berencana untuk mengganti camilan dengan makan buah-buahan. Sebisa mungkin menghindari gorengan atau snack yang banyak mengandung gula dan garam. Enak sih, tapi ya begitulah dalam kandungannya banyak mengandung kolesterol, lemak, serta kalori berlebih yang tidak baik yang efeknya sangat berbahaya bagi tubuh kita. Dalam menu makan sekarang saya akan memperbanyak porsi sayuran dibandingkan nasinya *ketahuan makannya banyak* heheh... Sayur dan buah selalu benar ! kandungannya banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh kita.

  3. "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya” itu adalah potongan sebuah lirik dari lagu yang cukup terkenal, kalian pasti ngeh kan lagu siapa itu ? heheh... Ya, lagu dari Raja Dangdut H. Rhoma Irama ini mengandung makna yang cukup dalam bahwa sebaiknya jangan begadang kalau tidak ada perlunya. Saya sering banget tidur larut malam hingga jam 01.00 tanpa ada hal yang penting, dan besoknya ketika mau beraktifitas pasti mengantuk. *lagu lama* Saya sadar bahwa begadang adalah hal yang tidak sehat. Kurangnya waktu tidur itu dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh atau yang dikenal sebagai hormon stress. Selain itu Dilansir dari Boldsky, kurang tidur membuat imun atau daya tahan tubuh kita sulit bekerja untuk menghalau virus penyebab penyakit, akibatnya adalah orang yang kurang tidur lebih mudah terjatuh sakit daripada yang tidurnya terkontrol. Hmm.. ternyata bahaya dari begadang ini bisa fatal ya ? oleh sebab itulah ini menjadi bagian yang harus saya rubah.

  4. Manage stress. Saya sebenarnya orang dg tipikal perfectionist yang rentan sekali gampang stress. Semuanya ingin terlihat sempurna hingga membuat saya selalu berpikir keras bagaimana agar bisa tercapai. Terkadang  Hal inilah  yang  membuat saya stress. Maka ditahun 2018 saya ingin mengubahnya, sekarang belajar untuk santai saja, kalau istilahnya jaman now itu “ woles saja ” lebih santai menghadapi sesuatunya. Saya tidak mau lagi kejadian berat badan terus turun dan jantung berdetak cepat seperti yang sudah saya sebutkan diatas terulang lagi

Meningkatkan ibadah


Resolusi 2018 berikutnya adalah meningkatkan ibadah. Ingat dulu kala masa kecil, giat sekali pergi ke masjid untuk sholat berjamaah, rutin mengaji tiap hari, dan melakukan banyak hal2 keagamaan lainnya. Namun kini seiring berjalannya waktu dg kondisi umur yang semakin menua *ceritanya sedang merendah* banyak PR yang harus dilakukan kembali. Alhamdulillah sholat sudah  5 waktu, namun saat subuh masih sering kesiangan, heheh... Dan resolusi ditahun 2018 ini adalah saya ingin menyegerakan waktu sholat tanpa menunda-nuda lebih lama lagi. Selain itu saya sangat berharap agar bisa rutin mengaji tiap hari lagi, ingin gitu tiap 2 bulan sekali bisa khatam Al-Qur’an, Amin. Heheh... Berpuasa Sunnah juga menjadi bagian dari resolusi saya, bisa puasa Sunnah Hari Senin & Kamis dan puasa sunnah lainnya. Semoga resolusi untuk meningkatkan ibadah tahun ini bisa berjalan manis, Amin 3  X
  

Bisnis, cari uang yang giat & menabung

Foto Pribadi


Tahun 2018 saya akui masih biasa dalam bekerja, bekerja itu rasanya tidak ada semangat-semangat nya begitu. Padahal sudah umur segini (rahasia), kok ya masih begitu-begitu saja. Melihat teman-teman lainnya yang sudah sukses dengan bidangnya masing-masing terkadang membuat saya iri, heheh... namun ya memang salah saya sendiri yang tidak tekun dalam bekerja. Dari dulu saya mempunyai keinginan yang tinggi untuk bisa buka bisnis sendiri, apa mungkin ini yang akan membuat saya bisa giat untuk bekerja ? (hanya Tuhan yang tahu) namun rasa keinginan yang kuat agar saya punya usaha sendiri itu sudah ada dari dulu ! Resolusi saya adalah giat bekerja demi istri dan anak saya kelak nanti. Semoga dg bisa membuka bisnis sendiri membuat saya lebih giat untuk mengejar rezeki. Rencananya saya akan membuka bisnis sesuai dg hobi saya yang suka masak, yakni jualan brownies kukus. Sudah menemukan resep yang pas, tinggal menyiapkan tempatnya saja. Doakan ya gaes agar tahun ini bisa dilaunching, heheh... 

Kerja yang giat dan menabung, hahah... Saya itu orangnya boros, ingin sekali ditahun ini benar-benar bisa berhemat.  Menyisihkan banyak uang untuk masa depan dan mengurangi hal-hal yang tidak urgent. Ini menjadi point penting bagi saya juga.

Pribadi yang rajin.
 
Habis menggunakan baju lempar sana-sini, dan ketika dicari entah hilang kemana, saya banget itu ! haha... terkadang saya juga sering teledor menaruh barang sesuatu pada tidak tempatnya, dan endingnya selalu bikin jengkel. Baju kotor sering menumpuk hingga membuat ibu marah, dan banyak baju yang tidak saya seterika itu adalah perbuatan saya selama ini. Tahun 2018 saya ingin mengubah semua kebiasaan ini. Saya ingin hidup lebih rajin, tidak jorok agar terlihat ganteng maksimal.

Ada halangan untuk menggapai resolusi, rasa pesimis itu ada !

Saya ingin resolusi saya nantinya bisa berjalan manis, dan untuk mewujudkan apa yang saya inginkan di tahun 2018 ini tentunya perlu fisik atau stamina yang prima, agar pikiran jadi nyaman dan hati pun menjadi tenang. 

Namun sebaik apapun kita berusaha menjaga tubuh, pasti ada saja hal-hal yang tidak diduga menghampiri kita. katakan saja seperti faktor cuaca yang ekstrim, kondisi lingkungan dan tempat bekerja yang tidak mendukung, serta tuntutan profesi  dg jadwal sangat padat yang sampai pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menurun.  

Apalagi dengan kondisi saya yang bekerja di warung kopi, sering menghirup asap rokok dan ditambah lagi habis sakit serta terkadang batuk juga sering kambuh  membuat aku harus waspada. Karena jika tidak hati-hati bisa-bisa membuat saya jatuh sakit lagi, dan imbasnya adalah resolusi saya akan terhambat. *semoga tidak terjadi* 

Karya Pribadi

kini yang menjadi masalah sampai saat ini adalah soal batuk saya yang masih sering kambuh. Hiks... sudah tahu kan bagaimana kalau saya sedang batuk ? selain tidak berhenti-henti juga sangat tidak nyaman sekali, rasanya tenggorokan itu gatal dan kering. Apalagi kalau setelah makan – makanan yang masih mengandung getah, seperti mangga, nangka, dll. sudah pasti akan langsung memperburuk batuk saya. Manisnya buah tidak membuat enak malah pahit, heheh... Kadang saat batuk saya juga mengalami batuk berdahak. Di tenggorokan itu rasanya ada yang mengganjal dan kebetulan saya tidak bisa membuang dahak, jadi ya begitu, saya sering menelannya kalau sudah begini tentu akan dapat mengganggu produktifitas. Oleh karena itulah saya harus mencari bantuan untuk bisa mengatasi ini gara semua permasalahan bisa teratasi. Kalau engggak rencana resolusi yang saya harapkan berakhir manis jadi pahit alias bad ending.

Obat batuk cap ibu dan anak ( OBIDA ) untuk menghalau rasa pesimis ku


Untunglah kini aku sekarang menemukan solusi untuk bisa mengatasi masalah ini. Bersyukur sekali bisa kenal dengan  Obat Batuk cap Ibu dan Anak (OBIDA) atau NIN JIOM PEI PA KOA

Foto Pribadi

OBIDA adalah obat batuk cap ibu dan anak yang diproduksi oleh pabrik Nin jiom medicine manufactory ( H.K) Ltd yang didirikan di Hongkong sejak tahun 1946. Didirikan pada tahun 1946, Nin Jiom telah berkembang menjadi salah satu produsen obat Tiongkok terkemuka di Hongkong dan menjadi terkenal di seluruh dunia Dimulai dengan sirup obat batuk Nin Jiom Pei Pa Koa, yang berasal dari resep berusia 100 tahun yang mana untuk produk terbuat dari bahan-bahan alami dan herbal.

Mengapa harus OBIDA ?

Mengapa harus obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) ? ada beberapa alasan yang menjadikan OBIDA lebih unggul dari obat batuk lainnya. Diantaranya adalah :

Sumber Gambar
 
Pertama, obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) terbuat dari bahan-bahan alami yakni 15 macam ramuan tumbuh-tumbuhan tradisional China + Madu. Tumbuhan tersebut adalah : Bulbus Fritillariae Cirrhosae, Folium Eriobotryae, Radix Adenophorae, Poria, Exocarpium Citri Grandis, Radix Platycodonis, Rhizoma Pinelliae Praeparatum, Fructus Schisandrae Chinensis, Semen Trichosanthis, Flos Farfarae, Radix Polygalae, Semen Armeniacae Amarum, Rhizoma Zingiberis Recens, Radix Glycyrrhizae dan Mentholum. Wow, banyak sekali ya ? heheh... Dengan komposisi herbal tersebut menjadikan OBIDA sangat aman untuk dikonsumsi. 

Sumber Gambar
 
Kedua, Obida adalah ramuan turun temurun dari Dinasti Qing yang memiliki sejarah besar sampai pada akhirnya diproduksi secara massal pada tahun 1962 dan sampai saat ini penjualannya sudah mencapai hingga 45 juta dolar US Dollar. Wih keren ya ? Ini membuktikan bahwa obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) merupakan obat batuk yang sudah populer dan amat dipercaya banyak masyarakat didunia. Dan obat yang asli hanya diproduksi oleh Nin jiom medicine manufactory Limited, Hongkong yang diimport ke Indonesia melalui PT. Sindie Budi Santoso. Jadi tidak perlu khawatir akan keasliannya !

Ketiga, Terbuat dari ramuan 15 macam tumbuh-tumbuhan tradisional China plus madu Obat batuk ibu dan anak ( OBIDA ) atau NIN JIOM PEI PA KOA ini merupakan obat tradisional herbal alami yang dapat digunakan untuk melegakan tenggorokan, batuk, batuk berdahak, dan suara hilang dengan cara melapisi tenggorokan sehingga menyejukkan, mengurangi sakit tenggorokan, serta meredakan peradangan. OBIDA juga sangat efektif untuk mengobati badtuk berdahak karena obat ini juga bekerja dengan mengurangi dan membuang dahak.

Keempat, obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) selain mempunya manfaat yang sudah disebutkan diatas, ternyata juga memiliki manfaat lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh China Academy of Traditional Chinese Medicine pada Tahun 1994 yang berjudul “Pharmacological studies pei pa koa“ obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) atau Nin Jiom Pei Pa Kao mampu menjaga kesehatan tubuh saat sedang sibuk. Entah itu sibuk karena bekerja, menjadi ketua panitia suatu event yang banyak menyita energi fisik maupun pikiran, atau yang lainnya. Saat kita sibuk, otomatis akan mengalami kelelahan dan efeknya adalah tubuh menjadi tidak fit, sehingga menyebabkan sakit. Dengan mengkonsumsi obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) membuat paru-paru kita menjadi sehat. Paru-paru yang sehat membuat tubuh dapat menyerap oksigen dengan maksimal dan akan meminimalisir darah kotor pada tubuh kita. Dengan sedikitnya darah kotor pada tubuh kita, akan membuat kulit terlihat lebih segar, berseri, halus, dan tidak mudah berjerawat. Wadaww ternyata manfaat dari OBIDA ini sangat banyak sekali ya, bahkan bisa sampai menjaga kesehatan kulit segala, heheh...

Kelima, bukan hanya untuk anak-anak atau ibu saja, namun OBIDA dapat dikonsumsi oleh siapa saja loh. Aturan pakainya adalah untuk dewasa 3 kali sehari 1 sdm  makan, anak-anak  umur 3-6 thn  3 kali sehari 1/3 sdm makan, dan usia 7-12 thn 3 kali sehari 2/3 sdm makan. Diminum perlahan-lahan atau bisa dicampur dg air hangat. OBIDA punya banyak jenis produk lainnya, kalian bisabuka situsnya disini untuk melihat informasi selengkapnya mengenai OBIDA.

Foto Pribadi

Sudah jelas kan, mengapa harus pilih OBIDA ? Saat mencoba OBIDA pertama kalinya sempat berpikir kalau rasanya bakalan bikin bosan dan ternyata saya salah, heheh... OBIDA adalah obat batuk dalam bentuk sirup yang manis, terasa sekali ramuannya yang terdiri dari 14 macam tanaman herbal tradisional china + madu itu. Asli enak, hihih.. Dan bukan itu saja, ternyata OBIDA ini kental sekali cairannya, terasa obat yang memang benar-benar berkhasiat. Heheh... Setelah meminumnya terasa lega sekali tenggorokan ini, plong begitu jadi seperti tidak ada beban sama sekali. heheh... 

Ini adalah obat yang sebenarnya saya cari ! dengan kondisi saya yang sebelumnya masih sering batuk dan saat ini pekerjaan saya di warung kopi yang setiap hari terpapar asap rokok membuat saya sedikit bernafas lega, dan segera secepatnya menghindari paparan rokok dg membuka bisnis saya sendiri. 

Karya Pribadi
Sekarang saya sangat optimis ! karena manisnya OBIDA akan membantuku untuk mewujudkan resolusiku ditahun 2018. Ketika saya batuk atau dalam kondisi badan yang tidak fit, dengan segera OBIDA akan membantu meredakannya, sehingga hal ini membuat saya dengan segera dapat melanjutkan aktifitas selanjutnya. Apabila kesehatan terjaga, aktivitas berjalan dengan semestinya, maka resolusi pun mudah terwujud, Amin.

  
Dengan adanya OBIDA, sekarang saya bisa melakukan perencanan terhadap resolusi yang sudah saya buat dengan tenang. Tidak perlu khawatir karena aktivitas yang terganggu oleh badan yang tidak fit atau batuk yang membandel, karena itu sekarang bukan halangan lagi dalam mewujudkan resolusi. Kalo gini jadi super lega, seperti OBIDA yang melegakan!
  

Kesimpulan

 
Foto Pribadi
 

Obat batuk cap ibu dan anak (OBIDA) adalah obat batuk yg terbuat dari 14 macam ramuan herbal China + madu. Tidak hanya untuk mengobati sakit batuk saja, nyatanya obida juga mampu memelihara kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Obida juga mampu menjaga kesehatan paru-paru serta kesehatan kulit kita. Kulit terlihat mulus, terlihat ganteng dan cantik-cantik maksimal. heheh.... 

Rasa sirup Obida yg manis dan kental membuat aku menyukainya.Terasa sekali ramuan herbalnya yg terdiri dari tumbuh-tumbuhan tradisional china itu. Saat setelah meminumnya, tenggorokan tersa lega dan plong, serta dibadan terasa enak.

Kini aku tidak perlu pesimis terhadap resolusiku, karena Obida dapat membantu untuk mewujudkan resolusiku. Tak perlu khawatir lagi akan terganggu aktivitasku ketika sedang kurang sehat dan batuk karena dg segera OBIDA akan mengusirnya dari tubuhku. Love OBIDA 😍😍😍

Manisnya hidup adalah optimis resolusi bisa berjalan manis dg ditemani oleh manisnya Obida yg melegakan. Terimakasih (OBIDA) Obat batuk cap ibu dan anak.  

Sumber Informasi :

1. http://www2.ninjiom.com/id/
2. hallosehat.com
3. mandjur.com

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

14 komentar:

  1. good luck mas ! resolusinya ada yg menginspirasi saya. optimis lah mas resolusinya akan terwujud, kan sdh ditemani dg Obida ! heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa optimis itu muncul semenjak kenal dg OBIDA, hihi... Baguslah kalau tulisan saya bisa menginspirasi, terimakasih atas kunjungannya ^_^

      Hapus
  2. Keren bangetlah ini Obida gan ! manfaatnya banyak dan yg pasti aman karena dibuat dari bahan alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastilah, OBIDA gitu loh ! heheh... dibuat dari bahan alami yg pasti aman dikonsumsi oleh siapapun dan mempunyai segudang manfaat yg baik untuk tubuh kita :) btw sudah pernah mencoba obat batuk cap ibu dan anak ini gk gan ?

      Hapus
    2. belum, makanya ini sangat tertarik. ngomong-ngomong Obida bisa beli dimana ?

      Hapus
    3. Obida bisa dibeli di apotik2 terdekat gan :-)

      Hapus
  3. baru dengar OBIDA, sepertinya menarik dan wajib dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recomend sekali OBIDA ini mas ! cobalah pasti jadi andalan buat ngusir batuk dan manfaat lainnya juga banyak

      Hapus
  4. ini Obida sdh menjadi obat andalan keluarga kami saat batuk maupun sakit tenggorokan, rasanya manis dan kekentalannya pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, wah gimana pengalamannya menggunakan OBIDA ? soalnya bs dikatakan sy masih baru minum OBIDA ini, heheh... OBIDA emang manis dan kekentalannya pas. top lah pokoknya !

      Hapus
    2. setuju OBIDA memang obat batuk cap ibu dan anak yg sdh terpercaya makanya sdh lama saya percayakan jika batuk atau sakit tenggorokan melanda. rasanya pas dan gak bikin bosan langsung cepat menangani batuk datang

      Hapus
    3. mantap memang OBIDA ini, heheh... sudah dipercaya sejak dahulu untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dll.

      Hapus
  5. Waow niat banget dah, saya juga lagi pengin belajar grafis biar gak ketinggalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh... masih belajar kok :) masih banyak yg harus dipelajari

      Hapus