Pages

So Good Chicken Nugget with Special Barbaque Sauce, Kreasi Menu Gizi Seimbang Jaman Now


Di Jaman Now seperti saat ini memang begitu menyenangkan, semuanya terlihat serba modern dan canggih, benar ? Sekarang kita bisa berbelanja apapun dan kapanpun tanpa perlu repot – repot  mendatangi tokonya. Tidak perlu khawatir soal kehujanan, kepanasan atau macet-macetan dijalan, tinggal duduk manis saja, maka apa yang kita pesan akan datang dg sendirinya, heheh... Ini bukan sulap atau sihir, namun berkat adanya kemajuan teknologi yang terus berkembang berdampak pula pada kehidupan sehari-hari kita.

Bukan hanya mengenai berbelanja smartphone atau barang-barang lainnya yang bisa dilakukan secara online, di Jaman Now, saat tidak sempat kepasar kita bisa minta orang untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Kita bisa menyuruhnya untuk membelikan minyak goreng, sayur-sayuran, buah-buahan, dll. Pun saat tidak memasak, kita juga bisa menyuruh orang memesankan makanan untuk kita. Weleh...weleh... Jaman Now ini semuanya serba mudah, cepat, dan praktis ya ? heheh...

Menjaga Gizi Seimbang di Jaman Now


Namun di Jaman Now ini, terkadang ada yang sering kita lupakan, apa itu ? jawabannya adalah soal hidup sehat. Ya, di jaman sekarang penting sekali untuk memperhatikan pola hidup yang sehat, mulai dari pola makan hingga aktifitas fisik agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serta senantiasa tetap sehat dan bugar untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, walaupun di Jaman Now yang semuanya serba canggih dan praktis ini, seyogyanya tidak membuat kita lupa akan tetap hidup sehat. 


Jangan seperti saya, heheh...

Lah, memang kenapa ?

Akibat suka yang enak-enak, gurih, manis, serta inginnya cepat dan praktis saja, saya sering salah memilih makanan. Makanan yang biasa saya santap itu istilahnya tidak seimbang, mungkin karena efek Jaman Now ya, yang semuanya serba cepat sehingga membuat saya ingin cari yang mudahnya saja.


Jujur aku jarang sekali makan-makanan dengan menu gizi yang pas. Kadang banyak nasinya, lauknya hanya sedikit, itupun goreng-gorengan, pokoknya asal kenyang, itu sudah cukup. Hahah...  Bagi saya, makan nasi dan mi instant sudah beres, tanpa melihat mana sumber proteinnya, vitamin, dan mineralnya. Aku juga jarang makan sayur-sayuran dan mengkonsumsi buah-buahan, bisa dihitung lah dalam seminggu, mungkin cuma 2-3 kali saja.  Akibatnya adalah aku terkena kolesterol di usia yang bisa dikatakan masih muda, padahal umurku masih kepala dua, hmmm... kok bisa ya ? Belum lagi dg hobi ku yang juga suka makan dan masak - masak... pas dech, heheh... Aku sering sekali mencoba resep-resp baru, membuat makanan, kue-kue yang manis maupun asin yang mana semuanya itu tinggi kalori. Sudah pasti ini berperan juga dalam mempengaruhi kesehatan saya. Memang bukan  faktor satu-satunya, namun tak dapat dipungkiri bahwa apa yang biasa kita makan bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, salah satu hal yg harus diperhatikan adalah soal makanan

Ada sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris, mereka biasa menyebut “You are what you eat” Yang artinya “Anda adalah apa yang anda makan.” Maksud kalimat tersebut memberitahukan bahwa makanan sangat mempengaruhi tubuh dan pikiran kita, yang mana pada akhirnya dapat membentuk diri kita. Apabila makanan yang kita makan pas dan baik dari segi gizinya, seperti karbohidratnya ada, proteinnya ada, vitaminnya dan mineralnya ada, tentu akan membuat kondisi tubuh dan pikiran kita nyaman, alias aman dan terkendali, suasana tubuh dan mood akan segar dan bisa berpikiran dengan jernih. Namun beda ceritanya apabila makanan yang kita makan tersebut dapat berdampak buruk bagi tubuh, yang ada akan membuat kita menjadi sakit, pikiran pun menjadi tidak tenang dan mood pun ikut-ikutan tidak baik. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan selalu fit, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah soal makanan.  

Lantas yang menjadi pertanyaan kemudian adalah makanan dan pola makan yang seperti apa ? bukankah sejatinya fungsi makan itu semuanya baik bagi tubuh kita ? yakni sebagai sumber energi, untuk memperbaiki jaringan tubuh, dll !

Pedoman Gizi Seimbang, acuan Jaman Now

Kalau dulu kita mengenal istilah 4s5s ( 4 Sehat 5 Sempurna ) dalam pola makan sehari-hari untuk memenuhi gizi tubuh kita, maka  di Jaman Now sudah berganti menjadi pedoman gizi seimbang. Hal ini dikarenakan empat sehat lima sempurna sudah tidak relevan lagi di jaman sekarang. Empat sehat lima sempurna hanya menitikberatkan pada jenis makanan yg ada, bukan pada keseimbangan porsinya. Sebagai contoh, aku menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna dengan nasi, lauk, sayur, buah, dan susu. Namun  aku tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan jika porsi di piringku sebagain besar adalah nasi, sementara lauk dan sayurnya hanya sedikit. Jelas kan, bahwa  Hal ini tidak seimbang dan tidak memberikan gizi yang maksimal pada tubuh kita. Tidak ada air putih disini, dan susu pun bukan penyempurna serta belum tentu cocok juga dengan semua orang, karena ada orang yang punya alergi terhadap susu. Sehingga ini tidak bisa dijadikan sebagi pedoman lagi. 

Menyadari akan diri saya yang punya kolesterol tinggi, tentu aku harus memperhatikan pola makan ku sekarang juga, aku tidak bisa makan - makanan sembarangan lagi kalau tidak ingin kolesterol ku naik. Agar bisa menjalankan aktifitas sehari-hari tentu aku harus tetap sehat, dan oleh karena itu aku harus bisa melakukan perubahan.  

Dijaman Now, Pedoman Gizi Seimbang adalah sebuah konsep penyempurnaan dari 4s5s. Gizi seimbang merupakan solusi tepat yang harus diterapkan oleh semua orang, termasuk aku.  Pedoman atau Konsep Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dg kebutuhan tubuh dg memperhatikan prinsip keanekargaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan ideal. Jadi Jelas ya, dalam pedoman gizi seimbang selain pola makan yang harus bervariasi dan seimbang juga perlu diperhatikan hal lainnya yang sudah saya sebut diatas.

Saya sadar bahwa selama ini kandungan gizi yang terdapat dalam menu makan ku sehari-hari belum lah cukup. Aku merasa asal  kenyang maka beres, Padahal  sebenarnya tidak seperti itu. Bisa jadi apa yang ku konsumsi selama ini tidaklah memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh ku. Sehingga asupan makanan sehari-hari yang mengandung gizi dengan jumlah  yang sesuai dg kebutuhan lah yang ku butuhkan saat ini. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh semua orang agar tetap dapat produktif menjalankan segala aktifitas sehari-harinya. Inilah yang sering aku dan orang-orang lupakan, Mindset bahwa pokoknya makan asal kenyang itu tidak tepat. Kebutuhan energi pada setiap orang berbeda-beda, sehingga diperlukan penyeimbangan masukan energi sesuai kebutuhan tubuh agar tidak terjadinya penimbunan energi dalam bentuk cadangan lemak dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit gangguan metabolisme

Menu piring gizi seimbang, Pola makan yg dianjurkan


Dalam pedoman gizi seimbang, departemen kesehatan Indonesia menganjurkan paling tidak terdapat 4 bahan kelompok makanan yang harus tersaji dalam piring makan kita. Keanekaragaman makanan bisa menjadikan piring makan kita menjadi menu piring gizi seimbang dengan komposisi yang pas. Apa saja itu ? Dalam menu piring gizi seimbang, komposisinya sebaiknya terdiri dari : 

- Satu jenis atau lebih karbohidrat dg jumlah presentasi sebesar 35 % seperti beras, jagung,ubi,kentang, dan sebagainya

- Satu jenis atau lebih protein dg jumlah presentasi 15 % seperti daging, ikan, kacang-kacangan, tempe, tahu, dan sebagainya

- Satu jenis atau lebih sayur-sayuran dg jumlah presentasi 35 % seperti bayam, sawi, brokoli, wortel, dan sebagainya.

- Satu jenis atau lebih buah dg jumlah presentasi 15 % seperti anggur, jeruk, apel, belimbing, dan sebagainya

Jelas ya diatas bahwa, selain nasi sebagai sumber energi, juga harus ada lauk ( protein ) , sayur,  dan buah yang tersaji dalam menu piring kita. Jadi yang sebelumnya aku jarang makan sayur & buah, serta lauknya itu-itu saja, maka sekarang harus diganti dg menu yang lebih beranekaragam. Semangat !!! *memotivasi diri sendiri* heheh... 

Salah satu jenis bahan makanan yg dianjurkan  ada dalam menu piring gizi seimbang adalah adanya lauk pauk. Ya, lauk pauk merupakan sumber protein guna membantu meningkatkan massa otot, produksi hormon, serta membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh kita yang rusak. Sumber protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, telur, dan sebagainya.

So Good, sumber protein jaman now untuk menu piring gizi seimbang 

Jaman Now, dalam menyiapkan menu seimbang aku memilih So Good sebagai lauk pauk untuk memenuhi kebutuhanku akan sumber protein. So Good menghadirkan berbagai macam produk protein hewani yang dapat di pilih, mulai yang dari yang berbahan baku ayam, daging, sampai seafood. Pengolahannya yang mudah dan praktis membuat ku tidak perlu repot dan kesulitan menyiapkan lauk pauk dalam menu piring gizi seimbang. Keluargaku sangat senang sekali dg yang namanya nugget, apalagi adikku yang kecil sendiri, sudah pasti dia yang selalu bagian menghabiskan, heheh...  kata adikku so good itu nyammm... 😋 endess surendes ! daging ayamnya sangat terasa sekali.

Untuk menyajikan menu piring gizi seimbang, aku dapat mengolah So Good dengan resep modifikasiku sendiri. Taulah aku yang suka masak-memasak, heheh... Kalau saat ibu tidak ada, akulah yang diandalkan memasakkan makanan untuk keluargaku. Selain ibu, untuk bagian masak-memasak aku juga jagonya loh *sombongnya* 😆 hahah....

Kali ini dilemari es ada stok So Good Chicken Nugget Alphabet, so let’s start to cooking !

Aku punya  resep yang enak dan mudah untuk mengolahnya. Tidak hanya biasa karena digoreng saja, namun resep ini Anti mainstream dan dijamin rasanya yang susah untuk dilupakan, pokoknya sangat pas lah untuk disajikan dalam menu pring gizi seimbang kita. Hayo, sudah tahu apa nama resepnya ? heheh... nama resepnya adalah  “ Chicken Nugget so Good with  barbeque sauce ” Perpaduan antara chicken nugget yang enak dan crispy dari so good lalu disiram dengan saus barbeque yang berkarakter tinggi ala aku, dijamin membuat barang siapa saja yang memakannya akan membuatnya terlena akan semua urusan karena saking enak dan super lezatnya menikmati sajian resep ini, heheh... Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja  berikut ini cara untuk memasaknya, oh ya dalam resep ini aku sertakan juga resep tumis wortel & taoge sederhana ala aku ya, sebagai pendamping demi terwujudnya menu piring gizi seimbang. 


Protein -Chicken Nugget saus barbeque-

Bahan : 

1. Nugget So Good (Alphabet) secukupnya
2. Minyak untuk menggoreng 

Saus Barbeque spesial :

1. Minyak secukupnya 
2. 1 buah bawang bombay, iris melingkar
3. 2 siung bawang merah dan putih
4. 1 sdm saus barbeque siap pakai
5. 4 sdm saus sambal (pedas)
6. 2 sdm saus tomat
7. 1/2 sdt merica bubuk
8. gula dan garam secukupnya
9. 2 sdm kecap manis
10. 175 ml air
1 sdm tepung maizena, larutkan dg beberapa sendok air

Cara membuat :



1. goreng so good chicken nugget hingga matang, sisihkan.



2. tumis bawang merah dan bombay lalu masukkan bawang putih, hingga harum.

3. masukkan saus tomat, saus barbeque siap pakai, dan saus saus sambal. Aduk hingga semua tercampur rata.





4. kemudian masukkan air dan kecap manis sambil terus diaduk. 


5. masukkan merica, gula, dan garam secukupnya. masak hingga meletup-letup.

6. masukkan larutan maizena, cicipidan  sesuaikan rasanya dengan selera masing-masing. 


Penyajian :

sajikan Chiken Nugget so good bersama saus barbeque spesial, dengan cara menyiramkannya diatas chicken nugget.

Sayur - Tumis wortel & taoge sederhana :

Bahan : 

1. 2 buah wortel
2. 100 gr taoge
3. 1 batang daun seledri, potong halus-halus
4. minyak dan air secukupnya
5. 3 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih
6. gula, garam, dan merica secukupnya

Cara Membuat :


1. pasrah wortel.


 2. tumis bawang merah dan putih hingga harum.


3. masukkan wortel dan air. Aduk hingga agak layu.


4. kemudian tambahkan taoge. Sambil terus diaduk, masukkan daun seledri.

5. bumbui dengan gula, garam, dan merica secukupnya. koreksi rasanya.


6. masak hingga matang, dan siap disajikan.

Karbohidrat : nasi putih hangat

Buah-buahan : nanas dan semangka

                          This is it, "So Good chicken nugget with special sauce barbeque"





Itu dia resep menu piring gizi seimbang dengan berbahan dasar Chicken nugget alphabet ala aku, heheh... Gimana, mudah bukan cara membuatnya ? Menu diatas merupakan menu dengan pedoman gizi seimbang yang terdiri dari 4 bahan makanan sesuai dengan yang dianjurkan. Mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan.

Mengapa harus So Good

So good memiliki 2 macam produk, yakni so good siap olah ( ayam potong  ) dan so good siap masak (chicken stick, nugget, fish karage, ebi katsu, dll ).  Alasan menjadikan So Good  sebagai  pilihan yg tepat untuk memenuhi kebutuhan protein kita adalah : 


1.  Enak dan kaya protein
So Good diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproses dengan teknologi yg tinggi untuk memastikan rasa yang lezat dan kualitas gizi protein yg terjaga utuh saat dihidangkan

2. Praktis dan hiegenis
So Good sangat praktis untuk dihidangkan kapanpun dan semua produk So Good diolah dan dikemas dg teknologi tinggi untuk meminimalisir kontaminasi, sehingga tetap terjaga kebersihannya. 

3. Kualitas yg selalu terjaga
tahukah kalian, So Good melewati proses pemasakan dengan suhu hingga 170 derajat celcius selama tidak kurang dari 3 menit dan langsung dibekukan dg cepat menggunakan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungannya.

4. Hasil karya inovasi
So Good berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk daging olahan dengan rasa yang enak serta mengandung gizi protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang keluarga Indonesia.


Fyi, baru-baru ini So good meluncurkan logo dan kemasan baru loh, dan setelah melihat logo dan kemasannya yang baru menurutku sangat fresh sekali, terlihat so good sangat modern. Godd job So Good 👍 heheh... Setiap produk pada so good memiliki ceritanya sendiri, misalkan pada produk chicken nuggett Alphabet, maka logo so good dikelilingi oleh huruf-huruf Alphabet. Selain meluncurkan logo dan kemasan barunya, sogood juga mengganti slogannya menjadi “lebih baik so good” dari  yang sebelumnya yakni so good is very good.

So good terus berkomitmen untuk menyerukan akan pentingnya hidup sehat serta gizi seimbang. Terbukti saat peluncuran logo dan kemasan baru yg semakin memantapkan langkahnya  untuk terus memaksimalkan potensi generasi muda Indonesia dengan fokus kearah mengangkat pentingnya nutrisi bangsa dg menjalankan program-program peneingkatan gizi dan kesehatan dasar.

Terimakasih So Good, hadirmu telah membuatku lebih mudah untuk menyusun menu gizi seimbang disetiap piring sajiku, apalagi dijaman now yg semuanya serba praktis dan cepat. walaupun praktis, engkau selalu terjamin akan kualitas dan kandungan gizi nya.  I Love You 💓😘

Sumber :

-sogood.id 
-https://health.detik.com/berita-detikhealth/1555856/4-sehat-5-sempurna-tinggal-sejarah-diganti-dengan-pgs
-https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/4-sehat-5-sempurna-tidak-dipakai/


arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

10 komentar:

  1. wiihhhh... masnya pintar masak ya? kelihatan enak banget ini ! wajib untuk dicoba resepnya, heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh... biasa aja kok. silahkan untuk dicoba resepnya, dijamin pasti bikin ketagihan :) semoga bs memberikan inspirasi ya :)

      Hapus
  2. kalau chicken nuggetnya so good, sudah pasti semua orang akan setuju kalau produk dari so good itu enak-enak semua. apalagi anakku yg paling kecil, suka sekali dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau begitu sama pak dg adikku yg kalau melihat nugget maunya dimakan sendiri, heheh... setuju so good itu selain enak juga sangat bergizi, menjadi pilihan banyak orang :)

      Hapus
  3. Wah..praktis ya, tinggal sreng-sreng jadi deh...mksh resepnya..kapan-kapan coba ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, produk dari so good itu praktis dan mudah untuk dimasak apa aja menjadi makanan yg enak. sama2, silhkn utk segera di uji coba mbak resep saya ini, dijamin dech pasti bikin ketagihan, heheh...

      Hapus
  4. so good pilihanku ! enak, praktis, dan yg tak kalah penting adalah bergizi

    BalasHapus
  5. menu piring gizi seimbangnya catchy banget jadi sayang untuk dimakan, heheh.... btw bisa banget mas kalau menata makanan, ini bagus skli loh... jadi menarik untuk yg mau makan. btw jarang2 loh ada lelaki yg jago masak, plus bs kreatif seperti masnya, saya acungi jempol !

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh... bisa aja mbak :) terimkasih. menu piring gizi seimbangnya dibuat catchy ( semenarik) mungkin agar lahapa makannya, terutama untuk adikku yg suka sekali sama so good

      Hapus