Pages

Resep Nasi Goreng Tempe, Pas Dimakan Saat Kapanpun Juga dan Menjadi Favorite Adik-adikku




Hemm.... kalau lihat gambar diatas rasanya jadi langsung pengen makan, bener gak sobat-sobat semua, Hehehe.... Disaat musim hujan seperti ini pasti rasa lapar akan selalu melanda kita. Rasanya kita ingin selalu ngemil, cari makanan sana-sini, mondar - mandir ke dapur, terus sering buka lemari pendingin, semua itu dilakukan hanya untuk mencari makan yang bisa dimakan. Mungkin ada sobat yang biasanya  seperti itu ?  hayoo... ngaku ! Hehehe.... Namun, sobat tahu nggak mengapa sih saat musim  hujan kok kita rasanya jadi sering lapar ? kalau belum tahu nih ku kasih penjelasannya , tapi singkat saja ya....! 

Udara dingin yang membuat orang cepat lapar adalah udara dengan suhu jauh di bawah suhu normal tubuh manusia. suhu normal manusia itu adalah 36-37 Celscius. Dan dilansir dari Paktribune, Rabu (22/9/2010), rasa lapar saat udara dingin dipicu oleh perubahan suhu tubuh kita . Pada saat suhu udara di lingkungan sekitar lebih dingin ketimbang suhu tubuh, maka tubuh akan berusaha untuk menormalkannya. Nah untuk menormalkan perubahan suhu tersebut, dibutuhkan bahan bakar atau energi yang besar. Oleh sebab itulah kita akan merasa lapar.

Bagaimana sobat dengan pembahasan singkat saya diatas, sudah cukup jelas kan....? Untuk sobat-sobat semua yang sering merasa kelaparan saat musim hujan, jangan khawatir karena saya mempunyai sebuah resep makanan yang sangat sederhana tapi enak sekali lho... ! nggak percaya, buktikan saja. Hehehe... bercanda kok^^. Nama resepnya adalah Nasi Goreng Tempe, ini adalah makanan hasil kreasi ku sendiri lho..! dengan tambahan tempe yang telah digoreng sebelumnya, maka cita rasa nasi goreng tersebut akan semakin menggugah selera anda. Pada waktu hujan turun nasi goreng tempe ini sangat cocok sekali dinikmati saat hangat-hangat, sehingga dengan demikian akan menghangatkan tubuh anda yang sedang kedinginan. Hahaha..... :)    Nasi goreng tempe ini sangat di sukai oleh keluarga ku lho...! terutama adik - adik ku, dengan rasanya yang sangat enak dan gurih, adik - adik ku tak segan untuk menghabiskannya^^ Untuk membuatnya sangat mudah kok sobat-sobat semua, pasti semua bahan-bahannya selalu tersedia di rumah masing-masing. Jadi tak perlu khawatir lagi 

Oke langsung saja kita mulai, berikut ini bahan-bahan yang diperlukan serta step-step yang harus dilakukan untuk membuat Nasi Goreng Tempe :

Gambar bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng tempe



Bahan yang anda perlukan :

 1. nasi putih satu piring atau 250 gram nasi putih
2. minyak sayur secukupnya
3. 1 butir telur yang sudah dikocok lepas
4. 1/4 buah kubis ukuran sedang, iris tipis-tipis
5. 1/2 pcs tempe,  potong dadu kecil dan goreng hingga agak kering

Bumbu 1 :

1. 2 siung bawang putih, cincang halus
2. 3 buah bawang merah, iris tipis-tipis  
3. 2 buah cabe merah, iris secara menyerong 
4. 1 buah daun bawang, iris tipis

Bumbu 2 :

1. 1 sdm. kecap manis
2. garam secukupnya
3. lada atau merica  bubuk secukupnya
4. penyedap rasa secukupnya

Bahan pelengkap : 

1. 1 buah tomat
2. 1 buah mentimun, iris serong
3. kerupuk udang

Setelah bahan - bahannya sudah anda siapkan semua. Maka tahapan berikutnya adalah cara memasaknya, berikut ini tahapan - tahapan memasaknya :

Gambar saat mengaduk nasi

A.  Panaskan minyak, kemudian tumis  bawang putih dan  bawang merah hingga harum

B. Masukkan telur yang sudah kocok lepas, kemudian orak-arik hingga telur setengah matang,  kemudian tambahkan sisa bumbu 1 ( cabe merah dan daun bawang ) setelah itu masukan kubis yang telah diiris-iris sembari terus diaduk.

C. Masukkan nasi, kemudian aduk nasi tersebut sampai tercampur rata, setelah itu masukkan tempe yang berbentuk dadu tersebut.

D. Kemudian tambahkan bumbu 2 lalu aduk lagi sampai nasi dan semua bumbu tersebut tercampur hingga rata

E. Masak sampai matang, kemudian tambahkan bahan pelengkapnya ( tomat, mentimun, kerupuk udang )

F.  Nasi Goreng Tempe siap dinikmati :)


Ini dia hasilnya jadinya :)
 Nasi Goreng Tempe Siap Dinikmati :)

Gambar Nasi Goreng Tempe

Tips : tambahkan bawang goreng dan bakwan sayur agar rasanya semakin gurih dan lezat
  
Gimana sobat-sobat semua, gampang kan cara membuatnya ? dengan menyantap nasi goreng Tempe tsb. dijamin deh bisa - bisa membuat anda semua ketagihan, Hehehe.... nasi goreng tempe ini sangat cocok sekali lho dimakan saat kapan pun , jadi gak harus saat hujan turun saja. Mungkin untuk bunda-bunda semua bisa menyajikan nasi goreng ini sebagai sarapan untuk keluarga, bahkan bisa juga dijadikan sebagai bekal putra-putrinya ke sekolah. Dengan kandungan proteinnya yang terdapat dalam tempe pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan putra - putri anda. 

Oh ya ni ada cerita lucu saat pembuatan nasi goreng tersebut, yakni saat aku akan memasak nasi goreng tempe ini adik-adik ku sudah gak pada sabar lho untuk menunggu jadinya. Alhasil mereka selalu mondar-mandir ke dapur untuk menanyakan " cak ( panggilan kakak ) gimana wes dadi ta sego gorenge ? ( bagaimana nasi gorenge sudah jadi ? ) aku pun sebagai juru masaknya hanya bisa bilang "sabar dong....! yang masak kan tangannya cuman dua, apa kamu mau bantu" ehh..! tiba-tiba adik-adik ku malah  lari menjauh dari dapur. sambil tersenyum aku bilang  " oh dasar kamu ini dek , bisanya cuman makan aja " hehehe....  Terreenggg.......nasi goreng tempe  yang telah dinanti-nati akhirnya jadi  juga, langsung deh adik-adik ku menghampiri aku. Kami semua makan bersama-sama, tak lupa ibu ku juga mencicipinya. kata adik-adik ku sih... ! enak mas masakannya, jawabku : yaiyalah siapa yang masak, Hehehe... 
Nasi goreng tempe buatan ku langsung ludes disantap adik-adikku


Alhasil hanya dalam hitungan kurang dari 5 menit, langsung ludes deh nasi goreng tempenya. Adik - adik ku sangat puas dengan hasil masakan ku, mereka sangat senang dengan apa yang aku buat. Kalau ditanya bagaimana perasaank ku, tentu aku sangat senang sekali karena sudah membahagiakan mereka dengan masakan yang telah aku buat^^, jadi terharu hehehe.... So bagi sobat-sobat semua tunggu apa lagi, ayo segera praktekan dirumah dan rasakan sensasi kelezatannya :)

Mungkin itulah resep yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, tentunya semoga ini semua bisa bermanfaat bagi anda-anda semua AMIN... ! Terimakasih dan Wassalam

Gambar aku saat menggunakan aplikasi masak apa di smartphone android milikku

Tulisan ini saya ikutkan dalam kontes "Blogger Jagoan Masak" dan untuk aplikasi masak apa bisa anda download di smartphone anda sepert Iphone, Android, Dll. 



                                                                                         

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

4 komentar:

  1. wah enak nih kayaknya... boleh dicontoh gak nih resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu boleh dong, selamat mencoba :)

      Hapus
  2. wah, selama ini aku kalo bikin nasi goreng pake bumbu yang langsung jadi. hehehe

    Rumah Dijual Bandung

    BalasHapus