Pages

Colidan, suplemen asam lambung yg manjur, mudah, dan aman dikonsum rutin

Sumber gambar
Sudah setahun lebih ini saya menderita asam lambung. Awalnya saya gak menyangka sama sekali kalau akan menderita ini. Kejadiannya itu bermula pada September Tahun 2015 lalu, saat tiba-tiba badan ku merasa lemas, jantung terasa berdetak sangat cepat sekali dan ulu hati yg terasa sangat nyeri. Saat itu rasanya saya sudah mau meninggal, benar-benar sangat sakit dan tidak kuat lagi.  Saya sangat awam dengan yg namanya asam lambung, dan yg ada dibenak adalah " apakah saya terkena serangan jantung ? " Saya terus berdoa dan memohon ampun pada yg Kuasa. Hal ini membuat saya terjaga hingga pagi hari. Pada pagi harinya kemudian saya langsung pergi ke puskesmas dan menceritakan apa yang saya alami. Dokter kemudian menyuruh sayah untuk tes EKG atau rekam jantung. Dan setelah hasilnya keluar, Alhamdulillah hasilnya normal, tidak terjadi apa-apa pada jantung saya. Saya akhirnya diberi vitamin saja oleh dokter nya dan disuruh untuk istirahat dulu.

Gambar hasil tes EKG ku
Kejadian malam itu benar-benar tidak bisa saya lupakan, saya menjadi lebih waspada dengan menjaga pola makan, karena jujur saya adalah orang yg sering lupa diri kalau sudah berhadapan dengan makanan. 

Hal yg sama terjadi lagi, semenjak kejadian diatas, saya lebih sering merasa jantung berdetak cepat dan ulu hati terasa sakit. Masih belum ada perasaan curiga sama sekali ke arah asam lambung, saya menganggap apa jantung saya bermasalah ? akhirnya saya mendatangi dokter lain untuk diperiksa, dan saat direkam jantung, hasilnya memang baik-baik saja. Saat itu dokter menjelaskan bahwa gejala-gejala tersebut bisa diakibatkan karena gangguan asam lambung atau asam lambung yang naik. Dalam batin saya berucap "ini beneran saya punya gangguan asam lambung ? padahal selama ini saya fine-fine saja " intinya adalah selama ini yg saya anggap sepele soal asam lambung yg naik, ternyata sangat mengganggu sekali. 

Seputar Asam Lambung
Penasaran dengan asam lambung, saya mulai mencari-cari informasi seputar ini. Pertama, yang  menjadi pertanyaan ku adalah  " Apa yg dimaksud dengan asam lambung ? fungsinya dan masalah-masalah apa yg biasanya terjadi pada asam lambung. "

Asam Lambung dan Fungsinya :

Asam lambung berada dalam tubuh kita untuk mengerjakan fungsinya dalam organ pencernaan dan sistem tubuh. Jika tidak ada asam lambung maka sistem metabolisme dalam tubuh kita tidak akan berjalan dengan baik. 

Berikut ini beberapa fungsi asam lambung yang sangat penting untuk tubuh :

  1. Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem pencernaan kita. Asam lambung membantu tubuh dalam mengolah protein.
  2. Asam lambung berperan untuk membuat produksi enzim khusus yang  mana bekerja untuk melawan semua kuman dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan dari makanan dan minuman.
  3. Asam lambung juga berperan untuk membantu tubuh dalam melakukan penyerapan terhadap vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh kita untuk membantu sistem produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.
Masalah yg biasanya ada pada asam lambung kita 

Bagian terbanyak dari asam lambung terdiri dari asam klorida. Zat ini bisa memberikan akibat yang baik dan juga buruk pada sistem tubuh kita. Jika asam lambung terlalu tinggi atau terlalu rendah maka bisa menyebabkan kondisi atau penyakit khusus. 

Ketidakseimbangan asam lambung dalam tubuh yg diakibatkan karena tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES) akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal inilah yang sering disebut dengan penyakit asam lambung atau GERD. Dimana LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus. Jika tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Gejala atau yang dirasakan orang saat mengalamai gangguan asam lambung.

Saat gangguan asam lambung menyerang kita, pasti akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung, pun sama seperti yg saya rasakan. Saya merasakan nyeri, perih, dan sakit pada bagian lambung. Semua jenis keluhan karena gangguan lambung itu biasanya diawali dengan gejala khusus yg sering terjadi, seperti :

- Rasa yg tidak nyaman pada bagian perut. Seperti nyeri, kembung, dan panas
- Sering mengeluarkan lewat saat kita bersendawa
- Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual, serta muntah
- Perut seringkali terasa lapar, naman saat makan menjadi terasa tidak nyaman
- Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit

Terus apa hubungan detak jantung yg cepat dengan kenaikan asam lambung  seperti yg saya alami ?

Biasanya jantung yg berdetak cepat atau berdebar dan kaitannya dengan asam lambung adalah karena adanya nervus vagal yg menjalar disisi kerongkongan. Kemudia nervus vagal ini melaju kebawah dengan melalui lambung oleh makan yang kemudian tercampur asam lambung yg mengalami regurgitasi. Iritasi saraf pun ini dapat  menjadi faktor resiko dan ritme jantung yg mendadak cepat.

Hmm... ternyata akibat dari asam lambung ini sangat berbahaya ya ? sampai berpengaruh pada kinerja jantung kita. Kalau misalkan kamu mengalami ini, seperti yang kualami, segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa ditangani dengan cepat.

- Kemudian informasi berikut yg saya cari tahu adalah mengenai faktor-faktor yg bisa menyebabkan asam lambung naik terjadi.

Beberapa faktor yg menyebabkan naiknya asam lambung adalah :

1. Makan Tidak teratur

Sumber Gambar
Ini adalah kebiasaan saya, sering sekali saya telat makan atau tidak teratur jam makannya. Sering melewatkan sarapan, atau kalau baru sempat sarapan itu selalu diatas jam 09.00 pagi. Kemudian makan siang pun seperti itu juga, kadang makan siang itu jam satu siang, jam dua siang, pokoknya gak menentu gitu. Mungkin bisa dikatakan hanya makan malam saja yg sering teratur yakni setiap jam 18.30 

Hal ini baru saya sadari kalau inilah yg bisa menyebabkan asam lambung saya naik, pola makan yg selama ini tidak teratur berakibat pada kenaikan asam lambung pada diri saya.

2. Sering makan-makanan yg pedas dan asam

Sumber Gambar
Kalau soal ini pasti rasanya sulit sekali untuk dicegah, heheh.... Saya adalah orang yg benar -benar suka akan makan pedas dan asam. Rasanya kalau makanan gak pedas itu gak enak, seperti ada yang kurang, tidak nendang *apalah ini* dan gak bikin lahap makan. Kalau misalkan masakan ibu tidak pedas, saya terbiasa menambahi cabai sendiri. Seperti ibu saat bikin sayur sup, tidak mungkin kan kalau ibu membuat sayur sup yg pedas ? oleh karena itu maka saya akan menambahkan cabe sendiri dengan cara memotong cabe dan menguleknya diatas piring dengan sendok * beuh.. penuh perjuangan * hihi... apa-apa itu harus pedas, baru setelah itu rasanya jadi top markotob !

Saya juga suka dengan makanan asam, apalagi kalau berbicara soal rujak buah, gak bisa nahaaannn... heheh. Tiap minggunya saya selalu bikin rujak manis sama teman-teman, apalagi kalu sudah musim mangga, hampir tiap hari bisa kali bikin rujak, heheh.. Saya senang sekali dengan mangga muda rasanya yg asam-asam itu. 

Hal diatas tentu sangat bisa dan cepat sekali untuk menaikkan asam lambung. Sekarang saya sudah punya asam lambung yg tinggi, jadi harus menguranginya -hiks, sambil mewek-

3. Stress

Sumber Gambar
Kemudian Stress, ini adalah faktor penyebab yg bisa dikatakan juga sangat cepat sekali untuk bisa menaikkan asam lambung. Saya adalah orang dengan tipikal yg perfeksionis. Apabila melihat suatu kondisi yg tidak sempurna bagi saya, pasti akan membuat saya untuk terus berfikir yg mana pada akhirnya membuat saya stress. Saya merasa sering sekali dalam kondisi seperti itu. dan menurut saya hal inilah yg juga menyebakan asam lambung saya sering naik menjadi tinggi.

- Selain faktor-faktor diatas, yg menurut saya itu adalah faktor utama yg menyebabkan asam lambung saya seringkali naik, terdapat juga faktor lainnya yg bisa menyebabkan asam lambung naik, seperti : 

4. Diet ketat

Orang yang sedang menjalankan diet ketat rentan untuk mengalami gangguan asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu. Orang yang sedang diet umumnya memiliki asam lambung yang terlalu tinggi.

5. Mengkonsumsi alkohol yg berlebihan

Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena dapat menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.

6. Kekurangan vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral itu penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman

7. Kurang istirahat

Orang yang istirahat secara tidak teratur atau sering kurang tidur memiliki potensi yang bersat untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.

8. Konsusmsi serat yg berlebihan

Serat dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.

9. Terlalu banyak konsumsi kafein

Kafein yang berasal seperti dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan

10. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri (helicobacter pylori) yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih

- Setelah mencari tahu informasi mengenai asam lambung, kini sedikit banyak saya sudah mengetahuinya. Ternyata Ganguan asam lambung yg salah satunya dikarenakan naiknya produksi asam lambung benar-benar membuat kita dan khususnya aku sendiri menjadi sangat tidak nyaman. 

Asam lambung  ternyata memiliki fungsi yg begitu penting bagi kita. Jika tubuh kekurangan asam lambung maka bisa membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit dari bakteri yang masuk ke tubuh lewat makanan atau minuman. Dan jika asam lambung berlebihan maka bisa menyebabkan nyeri yg berlebihan pada perut. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga keseimbangannya. 

Tips menjaga agar asam lambung seimbang

Ingin tahu agar asam lambung kita seimbang untuk menghidari hal-hal tersebut ? pasti semua tidak menginginkannya ? berikut ini tips nya :

1. Hindari Konsumsi makanan yg terlalu pedas dan asam

2. Teratur dalam saat sarapan, makan siang, dan makan malam. serta konsumsi makanan yg seimbang dengan memperhatikan asupan vitamin, mineral, dan protein

3. kelola stress dengan baik. Kalau lagi suntuk, dibawa heppy aja dg mendengarkan musik atau melakukan hal -hal lain yg bisa membuat kita santai.

4. Hindari makan berlebihan saat malam hari. Makan malam berlebihan pada malam hari memiliki dampak yang sangat buruk pada kesehatan, bahkan organ pencernaan bisa mengalami dampak langsung dengan produksi asam lambung yang berlebihan.

5. atur agar istirahat menjadi teratur

6. Konsumsi ikan yang penuh dengan nutrisi yang baik untuk pencernaan seperti salmon, sarden atau ikan tuna.

7. jangan lupa konsumsi sayur-sayuran seabagai asupan sumber gizi yg dibutuhkan oleh tubuh kita. 

- Itu adalah beberapa tips yg bisa kita lakukan agar asam lambung kita seimbang, sebenarnya masih banyak lagi sih tips nya, karena keterbatasan waktu, heheh... kalian bisa mencari sendiri ya, semangat ! heheh...

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, ungkapan tersebut sudah pasti sering sekali kita dengar, benar ? kalau bisa dicegah mengapa harus diobati ? 

Kalau yg sudah saya sebutkan diatas adalah lebih banyak berbicara mengenai informasi dan pencegahan terhadap gangguan asam lambung, terus bagaimanan yang sudah terkena asam lambung seperti saya ? Apakah ada cara yg bisa mengatasinya ? 

Cara alami / tradisonal mengobati gangguan asam ambung

Contoh tanaman yg bisa dimanfaatkan utk mengobati lambung
Saat kita menderita gangguan kesehatan lambung, khususnya asam lambung yg naik, maka kita akan diberi resep obat kimia oleh dokter yg mana berfungsi untuk menurunkan atau menetralisirkan asam lambung. Namun dengan alasan back to nature, terkadang dari kita juga memilih alternatif lainnya yakni menggunakan bahan alami yg berasal dari alam sebagai pengobatan. Memang sih... untuk menyiapkannya dibilang tidak praktis, tapi menggunakan bahan alami dinilai lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Berikut ini tanaman / bahan alami yg bisa dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung :

1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengkonsumsinya cukup makan bubur kacang hijau buatan sendiri yang tanpa santan. Usahakan jangan terlalu lama memasaknya. Makan bubur tersebut secara rutin pagi dan sore hari.

2. Kunyit

Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung yang telah dilakukan, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Cara mengolahnya : Siapkan kurang lebih 2 jari tangan kunyit. Kupas da bersihkan. kemudian parut dan tambahkan air matang. Setelah itu peras dengan kain bersih. Hasilnya yakni ambil air perasannya dan diamkan beberapa waktu. Dalam sehari diminum dua kali yakni saat pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
 
3. Kencur

Cara mengolahnya : ambil kurang lebih satu jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, kemudian minum air hangat. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari secara rutin.

4. Pisang Raja 

Pisang Raja mampu melindungi selaput lendir lambung dari asam lambung karena mengandung antitukak peptik (anti luka pada lambung). 

Cara mengolahnya : Pilih pisang yg sudah tua tetapi belum matang. Potong pisang tersebut kecil-kecil menyerupai keripik. Jemur potongan tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, blender atau tumbuk hingga terlihat seperti tepung. Cara mengkonsumsinya cukup campur 2 sendok bubuk pisang tadi dengan madu asli, setelah itu diminum pada pagi dan malam hari.

5. Mentimun

Cara mengolahnya : Pilih Mentimun yang masih segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. Makan 2 potong setiap dua jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi gangguan asam lambung kita. 

cara lainnya, kita juga bisa menambhakn mentimun pada saus yg kita buat dengan menambhkan bahan lain yg bisa menurunkan asam lambung seperti bawang putih, wortel, yogggurt dll. sangat cocok sebagai bahan salad untuk makanan kita.

- Menggunakan cara alami seperti yang telah dijelaskan diatas memang diperlukan sebuah kesabaran dan konsistensi  agar diperoleh hasil yang memuaskan.

Cara mudah dan manjur mengobati gangguan asam lambung

Kamu merasa kesulitan atau tidak punya waktu untuk menyiapkan segala hal seperti yg diatas untuk mengobati gangguan asam lambung mu? kini kamu gak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada obat penyakit maag dan suplemen asam lambung yang bernama Colidan. Colidan sebagai obat penyakit maag dan suplemen asam lambung akan dapat mengobati dengan mudah dan yang pasti manjur.

Apa Colidan itu ?

Gambar Colidan kapsul 100 mg
Colidan merupakan suplemen makanan yg mampu memelihara kesehatan lambung kita dan juga dapat digunakan sebagai obat sakit maag yg mana bahan utama pembuatannya berasal dari bahan alami yaitu sari ganggang laut yg berasal dari perairan laut lepas Okinawa, Jepang yaitu Mozuku atau Cladosiphon Okamuranus Tokida yg bisa kita sebut juga Fucoidan / gangang laut cokelat

Banyak sebab yg membuat orang menderita Gastritis atau sakit maag. Dan asam lambung berlebih yg juga termasuk Gastritis  salah satunya terjadi karena adanya penurunan faktor defensif. Agar faktor defensiv menjadi lebih kuat, usus membutuhkan suatu zat lain yg bisa menguatkan, salah satunya adalah ganggang laut cokelat atau yg biasa dikenal Fucoidan  yg mana dapat melakukan hal tersebut. Ganggang laut cokelat dapat membantu memelihara kesehatan lambung.

Gambar Fucoidan / ganggang laut cokelat
Ada banyak kebaikan dalam ganggang laut cokelat, Colidan yg terbuat dari bahan alami ganggang laut cokelat / Fucoidan bekerja dengan membentuk selaput yg dapat melindungi dinding lambung sehingga terhindar dari iritasi yg disebabkan enzim dan asam lambung akibat dari mengkonsumsi makanan atau minuman yg bersifat alkasli dan bersoda, serta terbebas dari infeksi dari bakteri Helicobacter Pylori.

Colidan yg terbuat dari ganggang laut cokelat juga mampu melapisi dinding lambung kita, sehingga kita merasa nyaman karena asam lambung sudah tidak dapat mempengaruhi lambung kita lagi . Fungsi lainnya adalah ganggang laut cokelat dalam Colidan dapat merangsang enzim yg berfungsi untuk menyembuhkan luka. Oleh karena itu, selain sebagai suplemen asam lambung, Colidan juga manjur untuk obat penyakit maag.

Colidan dapt dikonsumsi oleh semua orang, baik yang sudah terkena gangguan kesehatan lambung maupun yang belum dengan waktu konsumsi yg fleksibel. Colidan dapat diminum kapanpun, baik sebelum makan maupun sesudah makan. Namun mengingat fungsinya, waktu yg paling baik adalah dikonsumsi pagi hari setelah sarapan dan sore sebelum kita makan malam.

Colidan memiliki dua kemasa warna yg berbeda, yakni biru dan hijau. Colidan dengan kemasan warna biru tiap kapsulnya mengandung Fucoidan ekstak 100 mg, sedangkan yg berwarna hijau mengandung 50 mg ekstrak Fucoidan per kapsulnya.

Colidan hadir dengan kemasan praktis yg mudah kita bawa kemana-mana. Saat bekerja, traveling, atau berkunjung kerumah sanak saudara, kita dapat dengan mudah membawanya. Tinggal masukkan kedalam tas, maka beres. Ketika kita membutuhkannya maka tinggal buka tas dan langsung ambil dehh... beres kan ? heheh...

Setelah mengkonsusmi Colidan

Gambar karya pribadi

Selain mudah, yang kurasakan setelah mengkonsumsi Colidan adalah benar-benar manjur. Keluhan rasa jantung yg berdetak cepat sudah tidak pernah lagi ( semoga seterusnya, Amin. ) perut terasa nyaman dan tidak seperti sebelumnya yang sering kali merasa kembung, ulu hati yg nyeri, dan mulas, walaupun pola makan sudah dijaga dengan baik.

Berbeda dengan obat lain yg bekerja dg cara menetralkan asam lambung dan memblok pengeluaran asam lambung sehingga dg cepat mengatasi maag /gangguan lambung. Maka, colidan bekerja sebagai suplemen yakni dengan cara melapisi permukaan lambung, dengan hal tersebut colidan mempunyai efek perlindungan yg panjang sehingga sakit maag tidak mudah kambuh lagi. Oleh karena itulah colidan sangat manjur sebagai suplemen asam lambung dan pastinya juga untuk obat penyakit maag

Aku pun memberikan colidan kepada ibuku yg bisa dikatakan punya sakit maag yg kronis, dan Alhamdulillah, setelah mencoba beberapa minggu ini sudah mulai ada perkembangan. Kini ibuku tidak mudah mengalami rasa nyeri diperut dan mulas setelah makan. Padahal ya, biasanya ibuku ini tidak bisa  ditolerir sama sekali, walupun terkena sambal sedikit atau asam sedikit saja, mesti maag nya langsung kambuh. Terimakasih colidan, heheh...

Colidan boleh dikonsumsi rutin ? 

Colidan sangat aman untuk dikonsumsi rutin setiap hari, sudah sedikit banyak saya ulas diatasa, pasalnya colidan terbuat dari bahan alami yakni ganggang laut cokelat yang banyak akan manfaat. Colidan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang karena tidak mempunyai efek samping yg merugikan tubuh kita, dengan memperhatikan aturan minum / dosis pemakaian setiap harinya. Jika itu dipenuhi, InsyaAllah sudah pasti sangat aman bagi kita. Sifatnya yang juga bekerja kompleks, apabila rutin dikonsumsi colidan mampu  menjaga kesehatan lambung kita. So, don't worry guys !

Selain itu, Colidan juga sudah terdaftar di BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ) sehingga tidak perlu khawatir lagi soal produknya. Kita bisa mengetahui legalitasnya di BPOM dengan mengunjungi website resmi BPOM disini

Colidan, suplemen asam lambung dan obat penyakit maag yang manjur, mudah, dan aman dikonsumsi rutin ! tidak percaya ? buktikan sendiri, heheh... kalian bisa membeli Colidan di apotoik-apotik terdekat kalian, atau juga bisa pesan di Apotik Century agar lebih mudah.

Selalu jaga kesehatan lambungmu, ingat ! perbanyak makan-makanan yg bergizi, banyak mengandung serat  dan vitamin, perbanyak aktifitas fisik dengan berolahraga dan yang pasti tidak boleh terlewat, ini....nih yakni rutin konsumsi colidan, suplemen asam lambung dan obat penyakit maag untuk kesehatan lambung yg lebih baik lagi.

Sumber Informasi :
1. beranimakanapapun.com
2. apotikcentury.id
3. halosehat.com
4. alodokter.com
5. obatnaturals.blogspot

arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

9 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya sudah mencoba dan manjur

      Hapus
    2. Berapa lama pemakaian bs enak lambungnya?

      Hapus
  2. Setelah pemakian colidan berapa lama, perut kembali terasa normal? lbh baik colidan yang biru atau yang hijau?

    BalasHapus
  3. Mo nanya.. minumnya yg kmsn biru atau hijau ya? Tks..

    BalasHapus
  4. Pemakaian colidan bersama obat dokter apakah aman seperti lansporazol dan surclofat? Dan diminum kira 2jeda berapa waktu setelah obat dokter.terimakasih

    BalasHapus
  5. Sehari berapa kali,apa harus konsul dokter,dan dosisnya berapa kalau saya juga asam lambung sudah minum obat dokter,bahkan luxor gamat juga sudah..tapi terkadang masih juga suka kambuh walau kita sudah teratur makan..,,apakah kita harus makan terus apa gimana yah..,colidan ini apa kita bebas minum tanpa pengawasan dokter?trimakasih

    BalasHapus