Pages

yuk kita Menjaga Kelestarian Sumber Air Minum


sumber

 "Perkenalkan, ini adalaha si Imut, dia akan memandu kita untuk membahas mengenai kelestarian sumber air minum "

klik aja, biar jelas gambarnya

Teman-teman, Negara kita Indonesia adalah negara yang sangat terkenal akan sumber daya alamnya yang  melimpah ruah. Pun begitu pula dengan energi yang ada di Indonesia, Indonesia dikenal dengan salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia.  Selain itu Indonesia juga penghasil emas, baja , batu bara, dll. Sehingga memang layak jika Indonesia mendapat sebutan sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya tersebut. Indonesia juga disebut sebagai negara maritim atau kelautan karena memiliki wilayah kelautan yang sangat luas, dan hampir 82 % wilayahnya adalah laut, bahkan Indonesia mempunyai persediaan air sebesar 21 % di Asia pacifik. Wah besar juga ya...! hehehe... sehingga dengan demikian dapat dipastikan bahwa kita adalah negara yang melimpah ruah dengan air. 

Berbicara mengenai airair merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan di muka bumi ini. Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini sangat tergantung akan air, salah satunya kita ( manusia ), dengan air kita bisa hidup dan dapat melakukan segala aktifitas sehari-hari. seperti untuk diminum, mandi, mencuci,dll, bahkan peranan air juga sangat penting sekali bagi tubuh kita, karena Lebih 60% dari tubuh kita ini terdiri dari air, lebih dari 70% otak kita terdiri dari air, dan lebih dari 80% dari darah kita terdiri dari air. 

Namun tahukah sobat - sobat semua, dengan kekayan alamnya yang luar biasa begitu besarnya itu ternyata negara yang kita cintai ini ( Indonesia ) setiap tahunnya selalu mengalami kekurangan air bersih lho...! kok bisa ya...? :(


klik aja, biar jelas gambarnya

Negara yang seharusnya kaya dengan sumber daya alamnya ini, ternyata malah mengalami  krisis air, terutama air bersih. Jadi jangan pernah deh kita mengentengkan yang namanya air, ketika air selalu  tersedia maka kita akan menggunakannya dengan berlebihan namun saat kekuranagan air kita jadi bingung mau mencari air kemana ?




Gambar ilustrasi air yang dibuang sia-sia

Sungguh sangat disayangkan jika negeri Indonesia yang kaya ini bisa mengalami kekurangan air, padahal seiring dengan pertumbuhan masyrakat Indonesia maka jelas konsumsi air bersih sangat dibutuhkan akan keberadaanya, namun yang terjadi saat ini adalah keberadaan air bersih semakin berkurang jumlahnya. Potensi air bersih Indonesia dari tahun ke tahun terus berkurang jumlahnya. Banyak hal yang menyebabkan itu terjadi seperti : 

1. kerusakan lingkungan 
2. intrusi air laut atau terjadinya abrasi yang menyebabkan rembesan air laut kedaratan, sehingga menjadikan sumber air bersih yang berada dibawah permukaan tanah menjadi terkontaminasi
3. pembuangan sampah sembarangan, dengan kita membuang sampah sembarangan terutama saat kita membuanggnya ke sungai atau kali maka hal tersebut dapat mencemari air kali itu, sehingga menjadikannya tidak layak untuk dikonsumsi. 
4. boros dalam menggunakan air, dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lainnya. 

fakta kelangkaan air bersih yang terjadi di Indonesia

klik aja, biar jelas gambarnya^^

Kita sudah sering sekali melihat pemberitaan - pemberitaan mengenai krisis air yang terjadi di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Selalu ada saja  desa-desa, kabupaten - kabupaten, bahkan di perkotaan yang mengalami namanya krisis air bersih.

Krisis Air Bersih Kian Meluas
Sumber Gambar seorang bapak yang sedang mencari air bersih

misalnya saja di daerah Cilacap, pada bulan agustus kemarin wilayah ini mengalami krisis air bersih yang cukup parah. Hampir setiap hari mereka selalu kesulitan memperoleh sumber air yang layak untuk dikonsumsi, kejadian tersebut terus meluas hingga ke 32 desa yang tersebar di 13 kecamatan. Yakni kecamatan Patimuan, kecamatan Kampung laut, kecamatan Nusawungu, dll. Banyak warga yang sangat mengeluhkan karena tidak bisa melakukan aktifitas sehari-harinya, padahal sudah 408 tangki air yang sudah di datangkan tiap harinya untuk memenuhi kebutuhan air bersih, namun semua itu tidak cukup. Menurut badan penanggulangan bencana daerah cilacap krisis air  kali ini  lebih parah dibandingkan tahun kemaren, dan salah satu penyebabnya adalah dengan adanya intrusi air laut 

krisis air bersih juga menimpa warga di Kabupaten Bojonegoro, hampir 20.213 warga setempat kesulitan mencari air bersih. badan penanggulangan bencana daerah di Bojonegoro pun mencatat bahwasannya krisis air bersih menyebar hingga ke 58 desa yang berada di 15 kabupaten Bojonegoro. hampir tiap harinya warga setempat hanya bisa menunggu bantuan air datang dari pemerintah daerah setempat. 


Krisis Air Juga Melanda Bogor  
Sumber Gambar warga yang sedang mengambil air bersih dari lobang-lobang kecil yang di gali oleh warga di kali Cipamingkis, Cibarusah, Jawa Barat
            
Sekali lagi krisis air juga menimpa warga di Bogor, akibat kemarau yang berkepanjangan membuat mereka kesulitan mencari air bersih. Sumur-sumur warga menjadi kering semua.  Menurut BNPBD setempat krisis air terparah terjadi di Kecamatan Tenjo, Jasinga, dan Cigudeg. mereka kesuliatan mendapatkan air bersih untuk diminum, bahkan tak jarang akibat sulitnya mendapatkan air bersih tersebut  membuat mereka rela hanya mandi satu kali dalam sehari, bahkan tidak mandi sama sekali. krisis air juga melanda daerah yang selama ini tidak kering, seperti Kecamatan Cibungbulang dan Ciampea. Bahkan, daerah sumber air di bawah kaki Gunung Salak, seperti Kecamatan Ciringin, Cijeruk, dan Cigombong, tidak luput dari krisis air. Sejumlah sungai besar di wilayah Bogor, seperti Cidurian, Cikaniki, dan Cianten juga turut mengering. rata-rata air bersih yang berasal dari bantuan pemerintah daerah tersebut hanya cukup digunakan untuk minum dan memasak saja. Sehingga tak jarang dari mereka melakukan iuran atau istilahnya patungan yang kemudian digunakan untuk membeli air isi ulang. Mereka pun juga terkadang harus melakukan perjalanan jauh , menapaki jalan berkilo-kilometer hanya untuk mencari air yang layak untuk dikonsumsi. hingga harus membuat sebuah lubang yang berada ditengah kali yang sedang mrngering

Itulah sedikit dari sekian banyaknya fakta yang terjadi akan kelangkaan air bersih yang dapat saya share. Sungguh sangat sedih sekali melihat perjuangan mereka yang begitu kerasnya hanya sekedar untuk mencari air bersih. Semoga kedepannya tidak ada lagi kelangkaan air bersih yang menimpa Indonesia, amin. 
 
Bahaya jika tidak ada air bersih

klik aja, biar jelas gambarnya

Kemakmuran suatu Negara pastilah dipengaruhi oleh kesejahteraan para rakyatnya. apakah rakyat itu bisa hidup tenang, aman, kesehatan terjamin,  segala kebutuhannya terpenuhi, dll. Namun apabila untuk mendapatkan air bersih saja sulit tentu negara tersebut tidak bisa dikatakan negara yang makmur. hanya karena susahnya mendapatkan air bersih maka kesehatan para penduduknya bisa terancam. misalnya saja dengan kita tidak minum yang cukup maka bisa menyebabkan tubuh kita menjadi lemas, serta dapat mengganggu fungsi ginjal kita, dll. kemudian karena jarangnya tersedia air bersih maka akan mengganggu MCK kita, coba bayangkan ketika kita mau buang air besar, dan tidak terdapatnya air bersih serta saluran pembuangan yang baik maka kita lari kemana ? tentu banyak dari kita akan membuang air besar di sungai, dan dampaknya kembali lagi kita akan mencemari lingkungan. kemudian akibat tidak tersedianya air bersih maka akan membuat kita menjadi jarang mandi. dan kalau mandi itu pun mandi di kali yang jelas-jelas airnya sangat kotor. maka apa akibatnya ? ya, tubuh kita akan gatal-gatal dan kulit kita menjadi rusak. Dengan begitu besarnya manfaat air tentu air bersih sangatlah diperlukan keberadaannya, terutama untuk kemakmuran pendududk-pendududknya.

Bagaimana mengatasi itu semua ?

Tentu dengan seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin besar jumlahnya, maka dibutuhkan sebuah upaya untuk terus menjaga kelestarian sumber air bersih demi kelangsungan hidup umat manusia.

klik saja, biar jelas gambarnya

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber air bersih :

1.  Membuang sampah pada tempatnya

Ya, ini memang terlihat sangat mudah sekali,  rasanya ungkapan tersebut sering kita dengar dimana-mana. Namun tahukah anda ternyata untuk mengaplikasikan ungkapan tersebut masih sulit sekali, banyak orang-orang yang masih belum sadar akan bahaya jika membuang sampah sembarangan. kita masih sering sekali melihat kali-kali atau sungai yang ada selalu penuh dengan sampah-sampah yang menggenang. Oleh karena itu, bukan hanya diucap saja tapi Ayo...! kita bersama-sama untuk bisa bertindak secara nyata.

2. Mengelola limbah secara benar

Mungkin ungkapan tersebut  rasanya pas ditujukan untuk perusahaan-perusahaan atau industri kecil yang ada. mereka tidak boleh lagi membuang limbah pabrik yang berbahaya itu ke sungai-sungai yang berada di sekitarnya, karena itu akan mencemari lingkungan dan akan membuat air yang berada di sungai tersebut menjadi tercemar. Dengan jaman yang semakin modern ini di harapkan mereka bisa mengolah limbah pabrik dan memanfaatkannya  menjadi sesuatu yang bisa berguna.

3. Mengadakan reboisasi dan mencegah penebangan pohon secara ilegal

Kita berharap agar pemerintah bisa terus konsisten untuk  melakukan penghijaun kembali atas penggundulan hutan yang telah terjadi, selain itu dengan semakin maraknya penebangan pohon secara ilegal diharapkan pemerintah bisa bertindak lebih tegas lagi utuk menghukum para pelaku agar mereka bisa sejera-jeranya. dan kewajiban kita adalah turut membantu program pemerintah demi terwujudnya keseimbangan alam.

4. Mengadakan seminar-seminar

kita bisa melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait untuk mengadakan suatu penyuluhan tentang pentingnya peranan air dalam kehidupan. Dengan demikian diharapkan bisa memberi pengetahuan bagi mereka-mereka semua, dan bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga ketersediaan air bersih.

5. Mengahapus penambangan liar

Apabila terjadi suatu penambangan liar yang mana mereka tidak mempertimbangkan akan kelestarian lingkungan hidup disekitarnya, maka selayaknya pemerintah didaerah tersebut bisa men stop mereka-mereka semua agar tidak melakukan hal tersebut lagi. dan untuk kita yang saat ini sedang terlibat dalam penambangan liar , Ayo kita pikirkan lagi, apakah perbuatan tersebut sudah benar, apakah perbuatan itu bisa merusak ekosistem yang sudah ada ? sebaiknya sudahilah kegiatan tersebuat dan mari kita mencari usaha lain yang tentunya lebih bersahabat dengan alam

6. membersihkan darerah-daerah sumber air bersih dari segala sampah yang ada.

kita bisa melakukannya dengan teman-teman atau komunitas kita untuk bersama-sama membersihkan sungai atau kali dari sampah - sampah yang mengotorinya. ataupun kalau ada acara kerja bakti dirumah, kita bisa ikut bersama-sama. karena saat kerja bakti biasanya juga membersihkan sampah-sampah yang berada di selokan

7. menjaga  keseimbangan air bersih didalam tanah agar tidak terkontaminasi oleh zat-zat yang bisa membuat air menjadi tercemar, dll.





klik aja, biar jelas gambarnya

Itulah teman - teman yang dapat di share pada pembahasan kali ini, semoga apa yang sudah saya ulas tersebut bisa memberikan manfaat bagi kita - kita semua. Amin, dan satu lagi yang terpenting adalah mulai saat ini tanamkan lah pada diri kita agar lebih bertanggung jawab lagi, walau apapun tindakan kecil yang sudah anda lakukan tentunya itu sangat berpengaruh untuk kelestarian alam ini. jadi usahakan lah untuk selalu berbuat positif, hindarilah hal-hal yang dapat mencemari suatu lingkungan hidup. sekali lagi terimakasih atas perhatiannya dan wassalam...
 

Referensi : 
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/09/19/makkwr-krisis-air-bersih-kian-meluas



arayy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

5 komentar:

  1. good review gan, semoga sukses

    BalasHapus
  2. wah refiew yang sangat edukatif sekali, semoga sukses gan. jadi pengen beli pureit nih, hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, ayo cepetan beli. dijamin pasti sangat memuaskan bagi anda

      Hapus
  3. sanagat menarik sekali, saya jadi ingin beli juga.
    berita jombang

    BalasHapus